The Power of Letting Go (Keajaiban Ikhlas)

Bagaimana Letting Go / Mengikhlaskan sesuatu mempunyai kekuatan yang besar untuk justru mewujudkan sesuatu yang kita inginkan tersebut? Bagaimana cara The Power of Letting Go ini bekerja sehingga kita dapat mewujudkan apa yang kita inginkan?

Mungkin anda pernah merasakan kondisi dimana ketika anda menginginkan sesuatu namun tidak dapat-dapat dan ketika sudah pasrah dan melepaskan keinginan anda, sesuatu tersebut malahan datang kepada anda. Ternyata di alam semesta ini, sesuatu yang dikekang akan berusaha untuk lepas, sesuatu yang dikejar akan lari, namun sesuatu yang dilepaskan akan datang dengan sendirinya ketika ia merasa nyaman. Teori ini ternyata berlaku baik untuk benda hidup maupun benda mati karena benda hidup/mati sama-sama bersumber dari energi, sumber dari segala sesuatu di alam ini. Letting Go itu sendiri bisa diartikan sebagai mengikhlaskan, melepaskan dengan berpasrah kepada kekuatan yang jauh lebih tinggi.

keajaiban ikhlas

Berikut contoh sederhananya…

Contoh penerapan pada hubungan antar manusia :

Seseorang yang terus mengekang pasangan hidupnya dengan segala macam peraturan / posesif berlebihan, maka kebanyakan pasangannya pasti akan merasa tidak nyaman dalam hubungan tersebut (kecuali mempunyai frekuensi sifat yang sama). Jika sudah tidak nyaman, maka pasangan cenderung untuk lepas, sehingga sering terjadi kebohongan / pertengkaran / sembunyi-sembunyi melakukan hal-hal yang dilarang tersebut, dan sebagainya.

Begitu juga jika seseorang yang anda kejar belum memiliki ketertarikan kepada anda, namun anda terus kejar tetapi dengan cara-cara yang membosankan, bagaimana bisa anda memenangkan hatinya? Yang ada si doi akan kurang menghargai usaha anda dan malahan menghindar karena menjadi tidak nyaman. Anda perlu cara kreatif untuk menarik si doi agar tertarik dan datang kepada anda, bukan dengan terus mengejar secara agresif namun tidak meningkatkan kualitasnya.

Contoh penerapan pada benda mati, misalnya pada uang :

Mungkin anda sering mendengar cerita, keluh kesah, komplain, dan sebagainya mengenai bagaimana seseorang yang berusaha mati-matian bekerja, jual barang sana sini tidak laku, bekerja siang malam hanya untuk uang yang habis dipakai setiap bulannya, mau coba bisnis selalu rugi, and so on. Orang-orang seperti ini kemudian akan menyalahkan nasib, mengatakan bahwa dirinya memang kurang beruntung dan orang lain yang sukses itu pasti karena beruntung. Ternyata guys, uang juga sama dengan si doi. Kalau dikejar dengan cara-cara membosankan, ya lari, jadi ya anda akan susah mengejar uang yang lari dari anda. Begitu juga kalau uang dikekang, maksudnya begitu anda dapat uang lalu anda simpan saja erat-erat dalam dompet dan takut mengeluarkannya, uang akan mencari segala cara untuk keluar dari dompet anda. Inilah kemudian terjadi pengeluaran-pengeluaran tidak terduga yang mengakibatkan tabungan anda bocor juga akhirnya.

Segala sesuatu di alam ini perlu keseimbangan dan harmoni. Ibarat air yang selalu mengalir, begitu pula energi, selalu bergerak dan berubah dari satu wujud ke wujud lainnya. Jika uang anda hanya disimpan saja di dompet, si uang juga akan berusaha kabur karena energi dalam uang tersebut perlu terus mengalir. Ibarat manusia juga tidak mungkin disuruh tinggal dan tidur terus di dalam kamar bukan, pasti perlu keluar menghirup udara segar.

Nah, bagaimana mengaplikasikan power of Letting Go / Keajaiban Ikhlas / Pasrah ini ?

Perlu diketahui pasrah di sini sangat berbeda dengan pasrah dalam arti menyerah. Pasrah dalam arti menyerah adalah tidak melakukan apa-apa, tidak percaya pada diri sendiri, dan menjadikan pasrah itu sendiri sebagai alasan untuk tidak berkembang. Namun pasrah ikhlas (Let Go) adalah tetap melakukan segala sesuatu sebaik mungkin, namun hasilnya tidak terlalu dipikirkan. Mengapa tidak terlalu dipikirkan? Ya itu, melepas pada kekuatan yang lebih tinggi dari kita, mempunyai iman yang kuat bahwa hasilnya pasti terbaik, dan tidak terlalu memikirkannya. All is Well. Ikhlaskan saja hasilnya apapun itu karena anda yakin alam semesta akan mewujudkan yang terbaik bagi anda.

Dengan demikian, perasaan kita akan tetap positif, energi yang kita keluarkan akan berada dalam vibrasi positif yang kemudian menarik hal-hal yang kita inginkan tersebut. Sebaliknya, jika kita terlalu berharap akan hasil akhirnya, kita akan memancarkan energi dengan vibrasi ‘kekurangan’ yang pada akhirnya akan menarik ‘kekurangan’ itu sendiri. Maksudnya ya kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan karena kita memancarkan vibrasi energi kekurangan akan sesuatu yang kita inginkan tersebut.

Dengan tidak memiliki ekspektasi akan hasil dan percaya saja pada kekuatan yang lebih tinggi, yaitu dengan melepas keinginan kita tersebut / tidak terikat, maka kita akan berada dalam kondisi “acceptance / menerima” kita secara utuh apa adanya. Ini akan menciptakan vibrasi positif yang tinggi dan kuat untuk menarik apapun yang kita kehendaki. Apalagi Let go + Gratitude (bersyukur), hasilnya akan dahsyat sekali.

Wait, terus bagaimana dengan hukum Ketertarikan / Law of Attraction yang menjelaskan tentang visualisasi, bukankah kita harus terus menerus membayangkan apa yang kita inginkan tersebut? 

Ya, visualisasi tetapi tidak berekspektasi. Keduanya memiliki tingkat perasaan yang berbeda frekuensinya. Ketika anda melakukan visualisasi, anda secara netral membayangkan bagaimana diri anda di masa depan, anda feel good akan hal tersebut dan memiliki iman yang kuat bahwa itulah diri anda. Visualisasi menjadikan anda dapat membayangkan diri anda di masa depan menjadi masa sekarang (present moment). Sebaliknya, ketika anda berekspektasi, anda terus mengharapkan untuk mendapatkan hasil X, namun perasaan di alam bawah sadar anda menjadi mendapatkan sinyal bahwa saat ini anda tidak memiliki X, sehingga itulah vibrasi yang akhirnya terpancar.

Visualisasikan terlebih dahulu keinginan anda layaknya hal itu sedang terjadi di masa sekarang (baca : saat ini juga), namun setelah proses visualisasi selesai, lepaskanlah hal tersebut supaya tidak melekat (baca : letting go), ikhlaskanlah apapun yang terjadi kepada alam semesta dan bersyukurlah pada kondisi saat ini (present).

letting go and trust the universe

The Power of Letting Go untuk bisnis dan uang

Ketika kita memulai sebuah bisnis dengan tujuan utamanya uang, maka kebanyakan bisnis tersebut tidak menghasilkan sesuai ekspekstasi kita. Bisnis tersebut cenderung tidak berjalan jika hanya uang yang menjadi alasan kita memulai bisnis tersebut. Inilah mengapa orang rata-rata yang baru memulai bisnis A, B, C tetapi tidak ada yang berhasil, karena tujuan utamanya untuk mendapatkan uang semata. Bisnis memang pada akhirnya mencari profit, namun esensi dari bisnis itu sendiri bukan semata-mata untuk uang. Ini juga mengapa banyak karyawan terutama yang belum memiliki mental pengusaha, mencoba terjun ke bisnis karena tergiur untuk mendapatkan uang banyak, terakhir boncos dan balik jadi karyawan.

Seperti yang sudah dijelasin di atas, uang yang dikejar akan terus berlari menjauh. Esensi dari bisnis itu sebaiknya bukan demi uang saja, namun ada nilai (value) yang bermanfaat, ntah itu untuk efisiensi, untuk memudahkan, atau memecahkan solusi dari suatu masalah yang dihadapi banyak orang. Bisnis dengan tujuan yang lebih mulia tersebut akan memancarkan energi positif dan menarik lebih banyak uang sebagai bonusnya. Ini juga menjelaskan mengapa orang yang berbisnis dalam bidang yang memang mereka cintai cenderung lebih berhasil. Pertama, karena mereka menikmati apa yang mereka kerjakan sehingga selain memancarkan energi positif dari perasaan feel good, mereka juga tidak terlalu memikirkan hasil akhirnya. Mereka ikhlaskan keinginan untuk mendapatkan uang dan tetap do the best karena memang itulah yang mereka cintai. Alhasil, perasaan yang feeling good dan letting go tersebut sangat powerful untuk menarik hal-hal positif pada bisnis yang sedang digeluguti.

Kesimpulannya, ikhlas / letting go of something justru akan menarik kembali sesuatu yang kita inginkan tersebut. Caranya yaitu dengan tidak terlalu memikirkan hasil akhirnya tetapi do the best  dan serahkan hasilnya, percaya bahwa alam semesta akan memberikan yang terbaik juga. Dengan ikhlas, kita memiliki energi positif karena kita memancarkan vibrasi bahwa kita bersyukur atas keadaan saat ini dan alam semesta pun akan memberikan lebih banyak hal-hal untuk bisa kita syukuri.

Cheers to good life!

Please follow and like us:
error

2 thoughts on “The Power of Letting Go (Keajaiban Ikhlas)

  • September 26, 2019 at 5:18 pm
    Permalink

    I haven抰 checked in here for some time because I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I抣l add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.