Review Opening Ceremony Asian Games 2018

I’m not a sport freak, jadi ketika pertama kali diajak untuk pergi menonton Opening ceremony Asian Games 2018 di Gelora Bunga Karno, Jakarta dengan tiket mulai dari harga Rp 750 ribu yang termurahnya, dalam benak saya, “Nonton Asian Games? Mahal banget tiketnya, buat apa?” Beberapa hari kemudian, teman yang lain mengajak saya untuk menonton acara Asian Games lagi, “Emang apanya yang seru? Males deh.”

Seperti yang saya katakan, saya bukan pecinta olahraga, jadi membayar tiket yang harganya cukup lumayan itu (Rp 750 ribu untuk kelas C, Rp 1.5 juta untuk kelas B, dan Rp 5 juta untuk kelas A), rasanya kurang kerjaan banget. Ya begitulah, awalnya saya tidak tertarik sama sekali sampai saya tersadar bahwa ini adalah event skala internasional dimana Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah atas Asian Games yang diikuti oleh 45 negara. Kapan lagi bisa nonton, apalagi saat ini kebetulan sedang berada di Jakarta. Jadi, akhirnya saya penasaran bagaimana Opening Ceremony yang akan digelar tersebut dan memutuskan untuk ikut.

Hari Sabtu yang cerah, bisa dibilang saya sudah cukup tidak sabar untuk menonton acara Opening Ceremony yang akan dimulai pukul 7 malam tersebut. Karena banyaknya jalur yang ditutup dan takut stuck di kemacetan, saya memutuskan untuk parkir dan ngopi dulu di Pacific Place. Well, at last saya memang parkir di Pacific Place dan jalan kaki ke GBK pukul 4 sore.

Rasanya ini walking distance yang paling jauh selama berada di Jakarta. Dari PP ke gerbang GBK sih hanya sekitar 15 menit, dilanjutkan jalan masuk ke stadionnya yang jaraknya juga lumayan. Sesampainya di depan stadion, ternyata harus muter setengah lingkaran dari stadion tersebut lagi untuk sampai di nomor gate yang sesuai, oh my God, pinggang dan kaki rasanya uda mau putus, disambung lagi harus naik tangga dan antri untuk beli minuman di dalamnya. Maklum guys, sehari-hari kerjaannya cuma duduk dan jarang jalan kecuali waktu ngemall doank XD. So, total waktu yang dihabiskan sejak mulai jalan dari Pacific Place sampai duduk di bangku stadion itu hampir 1.5 jam nonstop jalannya guys, rasanya uda mau tepar.

Drama lainnya waktu mau ke toilet tuh. Sekitar jam 6an sebelum acaranya mulai, mikirnya toilet dulu deh. You know guys, antriannya itu panjang banget.. Gimana gak panjang coba, toiletnya bisa dibilang super duper kurang deh untuk kapasitas GBK yang bisa menampung puluhan ribu orang tersebut. Satu gate hanya ada 2 toilet bah. Beli minuman juga tutup botolnya gak dibolehin untuk dibawa, padahal di dalam stadion itu space duduknya sempit banget, gimana kan kalau tumpah. Padahal, banyak juga yang membawa botol minuman dengan tutup.

Okay, sekian deh drama-drama dan perjuangan untuk nontonnya. Show pun akhirnya dimulai.

Konsep acara ini mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika yang menampilkan kekayaan akan keberagaman masyarakat Indonesia, baik dari bahasa, suku, ras, agama, dan budaya. Hal pertama yang menarik adalah panggungnya yang di design berbentuk gunung, sawah, hutan, dan adanya air terjun yang mengalir. Ini menggambarkan wilayah Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya.

Acara dimulai dengan countdown dan adegan kedatangan Presiden Jokowi memakai motor ala-ala Mission Impossible yang keren (tentunya ada pakai stunt man donk, masa iya sih Presiden Jokowi bawa motornya terbang gitu :p) dan menyapa para tamu di stadion. Pertunjukan pertama menampilkan tarian khas Aceh yaitu tari Saman massal oleh 1500 penari yang wow, epic bangett! Kalau dilihat dari atas itu macam lampu LED, dan kostumnya juga ajaib, bisa tiba-tiba berubah warna dari yang awalnya silver menjadi merah dan ungu, padahal para penari sepertinya sibuk dengan gerakannya. Yang pastinya, rapi dan keren banget deh! Epic!

Pertunjukan-pertunjukan selanjutnya juga tidak kalah kerennya. Ada juga estafet obor, dimana begitu pembawa obor terakhir yaitu Ibu Susi Susanti yang membawa obor sampai ke puncaknya, api pun langsung keluar dari gunung buatan tersebut, dan kembang api juga menghiasi langit stadion utama Gelora Bung Karno tersebut. Beberapa artis papan atas seperti Anggun, Raisa, dan yang lainnya juga ikut meramaikan acara Opening Ceremony Asian Games 2018 ini. Tentunya Via Vallen juga membawakan Theme Song dari Asian Games tersebut yaitu ‘Meraih Bintang‘.

acara pembukaan asian games opening ceremony asian games 2018

Seluruh stadion dipenuhi oleh energi yang antusias dari para penonton. Vibes-nya keren dan meriah banget. Kembang api yang cantik terus menerus menghiasi langit GBK dan semua pertunjukan yang ditampilkan benar-benar epic!

kembang api asian games opening ceremony asian games asian games gbk pembukaan asian games

So, bagaimana rasanya menonton acara Opening Ceremony Asian Games 2018 ini?

Pastinya bangga banget deh sebagai warna negara Indonesia yang bisa menyelenggarakan event internasional sekeren itu. Beneren tidak nyesel akan segala perjuangan ke GBK dan drama-dramanya, malahan bersyukur banget bisa menjadi salah satu penonton yang menyaksikan langsung acara pembukaan Asian Games 2018 tersebut. Pokoknya, ini salah satu masterpiece Indonesia yang wow deh dan juga banyak menuai pujian dari dunia Internasional. Terima Kasih banget kepada Bapak Wishnutama selaku Creative Director beserta seluruh tim yang sudah bekerja keras untuk membanggakan Indonesia. This is one of the best show I’ve ever seen. 

acara pembukaan asian games jakarta

Please follow and like us:
error

One thought on “Review Opening Ceremony Asian Games 2018

  • August 30, 2018 at 1:07 pm
    Permalink

    sungguh mankjubkan acara ceremony asian game ini. semua terpukau baik itu nonton langsung atau nonton di tv saja.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.