Journey to Mind Revolution : 15 Perubahan Positif dalam 1 Tahun Terakhir

Semuanya dimulai ketika anda menyadari bahwa hidup bisa menjadi berkah atau penderitaan, tergantung dari sudut mana anda memandangnya. Bagaimana konsep hidup saya berubah, inilah perjalanan untuk perubahan positif, yaitu meningkatkan energi menjadi lebih positif.

perubahan positif hidup

Fakta tentang Perubahan

Jika ada sesuatu yang pasti di dunia ini, maka sesuatu itu adalah perubahan. Demikianlah hukum Fisika tentang energi, bahwa sifat alamiah energi adalah berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Begitu juga dengan manusia, perubahan adalah proses alamiah yang terjadi sejak kita lahir sampai meninggalkan jasmani ini, yaitu sebuah proses hidup yang berkelanjutan. Pertanyaannya adalah, apakah anda mau berubah ke arah yang lebih baik atau lebih buruk? Tentu semua orang akan menjawab mau berubah ke arah yang lebih baik. Namun, banyak yang sekedar mau berubah ke arah yang lebih baik tetapi pada kenyataannya tidak benar-benar memutuskan untuk berubah.

Perubahan Cara Berpikir

Ubahlah cara berpikir anda, maka Hidup anda akan Berubah

Bagaimana Mengubah Cara Berpikir

Hal pertama yang membuat kita dapat berubah adalah ketika kita sendiri memutuskan untuk mau berubah, ketika kita menyadari sepenuhnya bagaimana diri kita saat ini, baik dari segi mindset, fisik, lingkungan, hasil yang telah dicapai, dan sebagainya, kemudian menerimanya dengan ikhlas, dan memutuskan untuk mau berubah ke arah yang lebih baik alias mengembangkan diri. Dari ‘mau’ kemudian kita mengambil langkah-langkah kecil yang bisa kita lakukan di depan mata, selanjutnya akan ada sebuah gaya yang menuntun kita untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik, yaitu arah yang kita inginkan.

Anda tidak akan bisa mengubah semua hal seketika, karena setiap hal butuh proses, selangkah demi selangkah. Ketika anda memutuskan untuk mau berubah, maka ibarat main game, ketika menyelesaikan 1 level, maka level selanjutnya akan muncul. Ketika anda berhasil mengubah sebuah mindset, maka akan muncul pencerahan lain yang akan mengubah mindset anda di tahap selanjutnya. Pada awalnya, mungkin terlihat seperti kumpulan puzzle yang belum disusun, namun selangkah demi selangkah, anda akan mendapatkan benang merah untuk menyambungkan puzzle-puzzle tersebut, dan anda akan mendapatkan gambaran utuh dari apa yang mungkin masih membingungkan pada awalnya. Pada tahap tersebut, anda akan mengerti sebuah hal, mindset anda telah berbeda dari sebelumnya, dan anda akan bergerak lagi ke arah yang lebih maju.

Latar Belakang Perubahan

Well, I’m a student of life and I enjoy learning to be better each day. Saya sangat menikmati proses pembelajaran hidup untuk terus menerus ke arah yang lebih positif dan menciptakan hidup yang positif. Semua perubahan yang terjadi dimulai dari keputusan untuk berubah dan hal pertama yang harus diubah adalah mindset.

pembelajar kehidupan

Perubahan pola pikir dimulai ketika saya menyadari arti dari kebahagiaan dan kedamaian diri. Sebelumnya, saya selalu merasa bahwa saya harus sukses atau mempunyai banyak uang dulu baru bisa bahagia. Saya fokus mengejar karir supaya bisa mencapai kesuksesan (dalam arti sebelumnya) dan memiliki banyak uang. Sebenarnya apa sih arti kesuksesan? Ya, sebelumnya saya mengaitkan kesuksesan dengan uang yang lebih banyak / gaji yang lebih tinggi / jabatan yang lebih tinggi juga. Namun faktanya, ketika jabatan dan gaji saya naik, saya tetap saja merasa tidak sukses dan tidak bahagia. Walaupun gaji naik, tetap saja tidak cukup karena pengeluaran juga mendadak meningkat.

Bukannya bertambah bahagia dan kaya, saya malahan merasa semakin tidak bahagia dan kekurangan. Saya berpikir, apa sih yang salah? Bukannya gaji uda meningkat seperti yang diinginkan ? Walaupun memang belum besar, tetapi seharusnya lebih daripada penghasilan sebelumnya, bukan? Lantas mengapa jabatan yang sebelumnya diinginkan juga menjadi tidak menarik lagi karena saya tidak merasa bahagia juga? Suatu hari saya juga merasa sangat down karena hal yang satu dan yang lainnya.

Ternyata saya kekurangan faktor fundamental di dalam diri sendiri, yaitu pola pikir yang salah bahwa untuk menjadi bahagia harus sukses dan memiliki banyak uang terlebih dahulu. Sejak itu, daripada terus berambisi mengejar hal materiil yang semu, saya fokus memperbaiki internal diri sendiri. Benar bahwa ketika anda mengubah pola pikir anda, maka hidup anda akan berubah.

Negatif menjadi Positif

Hal yang mendasari perubahan pola pikir saya adalah ketika saya meyadari bahwa pola pikir saya salah, sehingga hidup tidak seperti apa yang sebenarnya saya inginkan. Saya berpikir bahwa ketika saya mendapatkan sebuah hal, maka saya akan bahagia. Ternyata kebahagiaan seperti ini sangat semu karena hanya berlangsung sebentar saja, yaitu ketika anda mendapatkannya. Beberapa hari atau minggu kemudian, perasaan bahagia itu hilang lagi dan menjadi netral, bahkan bisa aja menjadi negatif (kembali tidak bahagia) ketika anda menginginkan hal lain lagi.

Pada dasarnya, saya termasuk orang yang berpikiran positif, alias selalu berpikir bahwa “Nothing is Impossible.” Ketika orang lain bisa melakukannya, maka kita pun pasti bisa. Lagi-lagi saya dulunya tidak menyadari bahwa ada potongan yang hilang dari pikiran positif ini. Pikiran positif tidak akan membuahkan hasil yang positif jika tidak dilengkapi dengan perasaan yang positif. Perasaan yang positif inilah faktor penentu keberuntungan anda.

Ketika anda berpikir positif yaitu bahwa anda pasti bisa, tetapi perasaan anda menyangkalnya (tidak yakin bahwa anda bisa), maka sebenarnya energi yang tercipta adalah ‘anda tidak bisa’. Pintu keajaiban akan terbuka ketika anda mengambil kunci untuk membukanya. Pikiran positif ibarat diri anda yang secara sadar ingin membuka pintu tersebut, sedangkan perasaan positif ibarat kunci untuk membukanya.

Ketika menyadari hal inilah, kepingan-kepingan pola pikir yang terpisah mulai menyatu. Seketika saya menyadari bahwa pola pikir saya terbalik, perasaan saya belum positif walaupun pikiran saya cukup positif, dan tingkat energi saya juga masih cenderung rendah. Seketika itu juga lah, saya memutuskan untuk terus belajar mengembangkan diri. Dalam perjalanannya, banyak kepingan-kepingan baru yang bermunculan untuk terus melengkapi hal-hal yang masih kurang.

15 Perubahan Positif yang Terjadi

Tepatnya 1 tahun yang lalu (Juli – Agustus), saya mengalami kondisi down seperti yang saya sebutkan di atas. Kondisi yang cukup stress itu berlangsung beberapa hari sebelum akhirnya saya mendapatkan sedikit pencerahan untuk mulai memperbaiki dan mengembangkan diri sendiri.

Dalam 1 tahun terakhir ini, berikut konsep hidup yang telah berubah dibandingkan sebelumnya :

  • Segala sesuatu di alam semesta ini adalah energi, yang bergetar pada frekuensi masing-masing dan menarik hal-hal yang sefrekuensi dengannya. Jika energi anda positif, maka anda akan lebih banyak menarik hal-hal positif, serta sebaliknya.
  • Menjadi bahagia adalah pilihan, anda tidak harus membuat syaratnya menjadi rumit.

Happy People Build their Inner World. Unhappy People Blame their Outer World – T. Harv Eker

  • Ketika anda bahagia saat ini, maka sukses akan mengikuti ; bukannya harus sukses dulu baru bisa bahagia.
  • Memberi dulu baru menerima ; banyak orang akan memberi jika merasa sudah memiliki kelebihan. Faktanya, anda tidak akan diberikan lebih ketika anda tidak memberi.
  • Fokus untuk mengembangkan perasaan positif, maka hidup anda akan lebih positif dan menarik lebih banyak hal-hal positif. Perasaan jauh lebih kuat daripada pikiran.
  • Bersyukur setiap hari karena pasti ada hal-hal yang bisa disyukuri. Bahkan hidup sendiri adalah berkah yang harus disyukuri karena hidup itu indah ketika anda menjalaninya dengan benar. Bersyukur juga pada semua hal yang dimiliki.
  • Cinta adalah emosi positif yang kuat. Hidup akan indah jika dilengkapi dengan cinta. Mencintai diri sendiri adalah langkah pertama untuk mengembangkan perasaan cinta ini. Kesuksesan berbanding lurus dengan seberapa besar kita mencintai diri sendiri, karena energi positif akan terpancar keluar ketika kita mencintai diri sendiri.
  • Belajar untuk melepaskan hal-hal yang menjadi gangguan pikiran anda. Mintalah hal-hal yang anda inginkan dengan berdoa dan percaya saja pada proses yang akan membawa anda untuk mencapai apa yang anda inginkan. Let it Go.
    Di sini, saya belajar untuk selalu menyertakan kekuatan spiritual Tuhan dalam setiap prosesnya.
  • Memberikan lebih banyak kasih sayang kepada orang tua karena mereka sangat menyayangi kita. Ketika kita peduli pada kebutuhan mereka, maka kebutuhan kita juga akan terpenuhi sendiri.
  • Lebih memperhatikan penampilan diri sendiri, karena energi juga akan terpancar dari bagaimana penampilan kita.
  • Bangun pagi dengan perasaan positif dan melakukan afirmasi positif pada saat masih setengah bangun (dalam kondisi theta).
  • Melakukan meditasi setiap pagi
  • Membaca lebih banyak buku ataupun menonton video yang berguna untuk investasi leher ke atas. Intinya mengonsumsi hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat.
  • Melatih diri untuk lebih sadar saat sekarang dan menikmatinya (mindfulness and live in present).
  • Uang hanyalah alat dan bagian dari energi. Uang dapat anda gunakan untuk membeli lebih banyak hal yang menyenangkan dan membahagiakan, tetapi jangan menukar kebahagiaan dan kedamaian diri dengan uang.

Masih banyak hal-hal yang harus dikembangkan untuk ke arah yang lebih baik lagi, yang membuat hidup menjadi lebih indah dan bermakna, baik dari segi spiritual maupun materiil.

“Life is Beautiful if you Know How to Live it.”

Ketika anda menyadari bahwa hidup itu adalah berkah, anda tidak akan menyia-nyiakannya. Anda akan menggunakan kesempatan ini untuk hidup sebaik mungkin dengan menjadi versi diri yang terbaik. Dengan demikian, anda juga akan memberikan dampak yang positif ke dunia ini, baik kecil maupun besar. Dengan mengembangkan energi yang positif saja, anda sudah memberikan dampak positif pada lingkungan di sekeliling anda.

hidup penuh berkah

Hidup itu singkat, waktu berlalu dengan cepat, dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok hari. Banyak orang yang dalam keadaan sehat bisa saja tiba-tiba sakit dan meninggal. Oleh karena itu, ketika kita masih diberkatin dengan kesehatan yang baik, bersyukurlah dan sebarkanlah hal-hal positif. Di samping itu, menjadi kaya juga adalah hal positif karena dengan begitu, anda akan mempunyai banyak sumber daya untuk menyebarkan lebih banyak hal positif.

Cheers to Good Life !

Please follow and like us:
error

2 thoughts on “Journey to Mind Revolution : 15 Perubahan Positif dalam 1 Tahun Terakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.