Inspirasi Sukses Iwan Sunito : Tanpa Batas

inspirasi iwan sunito property crown group sydney

Pemilik Crown Property (salah satu grup properti besar di Australia), Iwan Sunito, merupakan entrepreneur asal Indonesia yang sukses membangun kerajaan property di Australia dengan usahanya sendiri. Dari seseorang anak yang bahkan pernah tidak naik kelas dan selalu di cap sangat terbatas dalam sekolahnya, kini menjadi salah satu sumber inspirasi yang membawa harum nama Indonesia. Simak tips sukses dan kisah hidupnya.

Dalam acara I’m Possible Merry Riana, Iwan Sunito baru saja memberikan tips-tips seputar kesuksesannya. Bagaimana seseorang anak sederhana asal Pangkalan Bun – Kalimantan yang belajar aja susah saat ini bisa sukses dengan kerajaan propertinya?

Well guys, sebelumnya saya juga tidak tahu siapa Iwan Sunito tersebut, sampai beliau muncul di acara Kick Andy dan baru saja muncul lagi dalam acara Merry Riana. Ketika melihat proyek perumahan dan apartemen yang dia bangun di Australia, rasanya keren banget deh bagi seorang perantau dari keluarga sederhana di Pangkalan Bun yang sukses dengan property bernilai trilyunan tersebut. Property yang dia bangun juga keren abis. Berikut beberapa proyek yang diambil dari websitenya :

inspirasi iwan sunito
crown group iwan sunito
tips sukses iwan sunito membangun property

So how’s his way to build such a wonderful property empire?

Berikut sharing tips dan resep dari Iwan Sunito :

Salah satu faktor paling penting adalah “Dream”. Pada masa-masa sekolah dulu, Iwan Sunito tidak punya visi sama sekali, visinya cuma yang penting bisa naik kelas, nilai secukupnya saja uda cukup. Beliau tidak berani bermimpi dan alhasil nilai sekolah yang didapat memang selalu nilai secukupnya saja. Karena selalu tidak takut tidak naik kelas, makanya pernah tidak naik kelas juga.

Jika Dream (impian) anda kecil, maka action juga akan kecil. Impian sangat mempengaruhi action anda. Bermimpilah lebih besar, maka action anda juga akan lebih besar untuk mencapai impian tersebut.

Di samping mempunyai impian besar, tentunya kita juga harus bersyukur terhadap apa yang kita miliki saat ini. Janga lupa bersyukur sambil tetap mengejar impian kita. Anda boleh tidak berpuas diri untuk menyalakan api semangat mengejar impian anda tetapi harus tetap bersyukur dengan semua yang telah kita peroleh.

Iwan Sunito juga merupakan sosok yang selalu belajar terus menerus. Sebagai seseorang yang sudah terbiasa gagal dalam sekolahnya, Iwan menjadi sosok yang tough menghadapi segala kegagalan. Baginya, kegagalan adalah hal yang biasa dan bukan merupakan akhir dari suatu proses, tetapi merupakan pembelajaran untuk mencapai satu langkah selanjutnya yang lebih baik daripada sebelumnya. Konsep kegagalan itu sebenarnya hanya ada dalam pikiran kita. Seperti Thomas Alfa Edison, tidak ada yang namanya gagal, namun hanya mendapatkan pembelajaran dari cara-cara yang tidak bekerja, sehingga dapat mencoba lagi cara lain untuk berhasil.

“Kita tidak memerlukan hal yang luar biasa untuk memulai sesuatu. Tetapi, kita perlu memulai untuk menjadi luar biasa. Di setiap kegagalan akan ada pembelajaran. Apapun yang kita capai, gagal atau berhasil, kita hanya perlu naikkan 1 tingkat yang lebih tinggi saja.

Iwan Sunito berubah dari anak yang tidak naik kelas menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ketika ditempatkan di kelas-kelas dengan anak-anak pintar. Ini adalah salah satu perubahan terpenting dalam hidupnya. Jadi bukan tidak bisa untuk menjadi pintar, namun hanya tidak tahu caranya. Ketika kita tahu caranya dan terus berlatih, maka kita akan menjadi master dalam hal tersebut. Practise Makes Perfect. Ketika dirinya bergaul dengan orang-orang pintar, dia belajar bagaimana cara belajar yang benar supaya nilainya menjadi baik, yang akhirnya beliau berhasil mendapatkan nilai terbaik dalam pendidikan universitasnya.

Hal lain yang menjadi titik balik dalam hidup Iwan Sunito adalah ketika beliau mengalami kecelakaan. Di saat putus asa dan tidak lagi mau sekolah, beliau mengalami tabrakan yang lumayan dahsyat sehingga koma beberapa hari. Namun ternyata beliau tetap diberikan kesempatan hidup. Kesempatan itu, menurut Iwan Sunito, adalah suatu kesempatan yang tidak boleh disia-siakan yang akhirnya mengubah mindset / pola pikirnya, dari seseorang yang putus asa dan tidak berani bermimpi menjadi seseorang yang mempunyai visi. Menurutnya, pastilah dia diberikan kesempatan untuk menjadi yang terbaik dalam hidupnya. Di saat itulah, beliau selalu mempunyai visi untuk menjadi yang terbaik.

Sosok seorang mentor juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan Iwan Sunito. Dekat dengan Ciputra yang mau menginvestasikan waktunya untuk menjadi mentornya merupakan salah satu kesempatan dimana dirinya dapat terus belajar. Oleh karena itu, carilah seorang mentor di bidang yang mau anda tekuni.

inspirasi iwan sunito pemilik crown property

Berikut 3 resep penting dari Iwan Sunito :

  • Mulailah dari tujuan akhir. Ibarat kita mau berpergian, kita harus tahu kita mau pergi kemana dulu kan? Jadi ya kita harus tahu apa tujuan akhir kita. Banyak orang yang melihat lingkungan sekelilingnya, melihat keterbatasan dan kekurangannya sehingga akhirnya tidak berani untuk bermimpi dan tidak berani memilih untuk menjadi sukses. Banyak orang yang terbatas visinya, bukan kapasitasnya. Jika visi terbatas, maka tentunya aksi pun terbatas, kapasitas yang dikembangkan pun menjadi terbatas. Mulailah dengan melihat hasil akhir yang luar biasa.
  • Cari Route Map untuk mencapai tujuan tersebut. Banyak orang yang tidak tahu caranya lantas menyerah. Padahal bukan tidak bisa namun tidak tahu dan tidak mau mencari tahu. Kita dapat mencari route map itu dengan banyak belajar dari orang-orang yang telah sukses terlebih dulu di bidang tersebut. Inilah pentingnya memiliki mentor. Jika belum mempunyai mentor, tetap masih banyak cara untuk belajar. Jadi niatnya mau atau tidak saja untuk banyak belajar.
  • Selesaikan apa yang anda mulai. Banyak orang yang putus asa dan menyerah di tengah jalan, padahal mungkin saja jalan yang mereka tempuh sudah dekat dengan kesuksesan tersebut. Jadi harus fokus untuk tetap melangkah, jangan menyerah, dan selesaikan apa yang anda mulai tersebut.

Salah satu prinsip dari Iwan Sunito ini yaitu tidak ada batas dalam bermimpi. Prinsip-prinsip hidup yang lebih lengkap dibahas dalam buku biografi beliau “Without Borders”.

inspirasi iwan sunito without borders

Please follow and like us:
error

2 thoughts on “Inspirasi Sukses Iwan Sunito : Tanpa Batas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.