Done is Better Than Perfect by Denny Santoso

denny santoso

Denny Santoso adalah seorang sosok entrepreneur yang cukup saya kagumi. Dari seseorang yang berasal dari keluarga yang biasa-biasa aja kemudian membangun bisnis sendiri sampai sekarang menjadi seorang entrepreneur, fitness expert, dan digital marketer dengan bisnis milyaran rupiah per bulan. Denny Santoso adalah sosok entrepreneur zaman digital yang terus mengikuti model bisnis terkini, aktif membagikan ilmu-ilmunya, dan terus mengembangkan diri untuk menuju bisnis trilyunan. Menariknya lagi, ketika saya follow account Denny Santoso dan istrinya Fellin, saya melihat gaya hidup mereka yang juga sangat positif, sering jalan-jalan dan menghabiskan waktu bersama keluarga, namun tetap terus belajar dan mengembangkan diri, karena penghasilan mereka diperoleh dari membangun sistem alias passive income sehingga bukan hanya memiliki Financial Freedom, tetapi juga Time Freedom / kebebasan waktu.

Buku “Done is Better than Perfect” merupakan buku yang menceritakan tentang seorang Denny Santoso, ya bisa dibilang juga layaknya biografi namun disajikan secara lebih praktis, memuat cerita, nilai, dan Denny juga berbagi beberapa teknis untuk sukses sesuai pengalamannya.

Summary of the book “Done is Better than Perfect” and what I learn from it 

Buku ini terbagi menjadi 3 bab sesuai core value yang dipegang Denny Santoso yaitu : Family, Fitness, dan Freedom.

Pertama-tama, Denny menceritakan pengalamannya dari seorang freelance IT sejak tamat kuliah sampai kemudian mencoba menjual suplemen fitness yang dia impor sendiri karena terbatasnya pilihan suplemen di kota Malang pada zaman itu. Dengan modal kartu kredit hasil blokir 2.5 juta dari sisa tabungannya, usaha tersebut dimulai sejak 1998 dengan door to door ke gym2 di kota Malang tersebut sampai akhirnya memegang merek Ultimate Nutrition sebagai distributor resmi pada tahun 2002. Pada tahun 2008, Denny masuk ke internet marketing dengan membuat situs informasi duniafitnes.com dan panduandiet.com sebagai pendukung untuk bisnis suplemennya. Saat ini, situs lainnya yang dikembangkan Denny santoso adalah digitalmarketer.id dan supplier.id. Selain itu, beliau juga berkolaborasi dengan partner bisnisnya untuk situs startupbisnis.com.

People can’t suddenly remember your products. People need to be reminded. Remind them with a media, remind them through contents.

Family

Di bab ini, Denny bercerita tentang bagaimana nilai keluarga sangat penting, dan ajaran orang tua juga sering kali melandasi prinsip hidupnya. Dari sebuah pengalaman negatifnya dimana pernah merasa terendahkan, dirinya mengubahnya menjadi kekuatan agar keluarganya menjadi terhormat. Denny juga bercerita tentang sebuah titik terendah dalam kehidupannya ketika dirinya mengalami panic attack pada tahun 2008. Pada saat itu, dirinya sangat lemah dan sering black out sehingga menjadi tidak percaya diri bahkan untuk keluar rumah. Belajar dari ujian tersebut menjadikan dirinya lebih kuat. NLP menjadi salah satu teknik yang mengubah hidupnya, sehingga pada akhirnya sembuh total dari panic attack tersebut.

Denny juga bercerita mengenai kisah cintanya, bagaimana dirinya bertemu dengan wanita idamannya yang saat ini menjadi istri dari 2 anaknya, dan bagaimana akhirnya mereka berdua juga membangun partnership dalam dunia bisnisnya.

Beberapa hal menarik yang saya pelajari dari kisah Denny Santoso di bab ini antara lain :

  • Core value yang dipegang : harga diri, keluarga, uang, diakui, pengembangan diri, kesehatan, dan kebebasan waktu.
    Salah satu yang menarik untuk diperhatikan adalah jangat ragu untuk memasukkan uang juga sebagai core value yang dipegang. Jika anda tidak pernah memasukkan uang sebagai core value anda, bagaimana anda dapat bersahabat dengan uang dan menarik lebih banyak uang ke diri anda.
  • Hidup bisa lebih cepat maju jika anda mempunyai mentor. Carilah mentor yang sudah terbukti sukses di bidang yang anda jalankan. Pelajari apa yang mereka lakukan, bukan sekedar apa yang mereka katakan. Mencari mentor juga ibarat mencari pacar, harus PDKT dulu. Kalau seorang calon mentor belum mengenal anda, bagaimana mungkin beliau mau membimbing orang asing? Masuklah ke radar sang mentor, misalnya dengan bergabung di komunitasnya, mengikuti pelatihannya, dan sebagainya.

Fitness

Badan dan pikiran saling berkaitan. Apapun yang dipikirkan akan mempengaruhi badan anda. Tentunya memiliki badan yang sehat akan membuat anda bisa bekerja secara optimal. Jadi sangat penting untuk memiliki healthy mind and healthy body.

Mempunyai Pikiran yang sehat yaitu dengan berpikir positif. Cara untuk melatih kita berpikir positif dalam segala hal yaitu :

  1. Pahami bahwa pasti ada niat baik di setiap tindakan
  2. Tanyakan kepada diri anda, kenapa dia melakukan hal tersebut.

Sedangkan untuk badan yang sehat tentunya adalah dengan melakukan olahraga rutin yang fun (3-5 kali sepekan), memperhatikan pola makan sehat dalam porsi yang tepat, dan juga memperhatikan pola istirahat yang cukup yaitu sekitar 7-8 jam.

Denny membagikan 7 kebiasaan sukses sebagai berikut :

  1. Temukan passion anda
  2. Temukan kekuatan anda
  3. Jadilah seorang mentor. By Giving back to society, you’ll gain more
  4. Set Goal
  5. Set deadline
  6. Buat prioritas
  7. Ambil risiko

Pahami juga bahwa penampilan merupakan salah satu hal yang penting, karena kesan pertama selalu dinilai dari penampilan. Apalagi jika anda sedang membangun networking dan bertemu banyak orang untuk pertama kalinya. Perhatikan warna pakaian yang anda pakai. Pilihlah yang membuat anda tampil lebih bersinar. Sesuaikan pakaian dengan bentuk tubuh dan pilihlah kualitas terbaik sesuai kemampuan anda. Perhatikan juga kebersihan tubuh dan berpenampilanlah sesuai cita-cita anda. Maksudnya jika anda ingin menjadi seorang pengusaha, berpakaianlah yang rapi dan berkualitas layaknya seorang pengusaha. You looked like what you wear.

Selain itu, Law of Attraction juga merupakan sebuah hukum alam yang terbukti bekerja dalam kehidupan Denny Santoso. Berpikirlah positif untuk menarik lebih banyak hal-hal positif. Ada 3 tahap untuk menggunakan Law of Attraction ini :

  1. Tentukan apa yang anda inginkan dan yakini bahwa keinginan tersebut cepat lambat akan terwujud
  2. Bayangkan keinginan anda terwujud
  3. Syukur dan rasakan perasaan gembira seakan-akan sudah terwujud
  4. Kemudian jangan lupa, without action, nothing will happen.

Setelah itu, jangan lupa untuk selalu Feel Good untuk melakukan semua tahapan tersebut. Setelah itu, reward yourself after hardwork supaya kesuksesan itu terasa lebih berarti dan menjadi penyemangat untuk proses berikutnya.

Freedom

Time and Money Freedom allow you to do what you need to do, when you need to do it.

Ketika seseorang tidak perlu lagi berpikir untuk berhemat dan berutang untuk mencukupi gaya hidupnya saat ini, itulah saat dia mencapai financial freedom.

Jalan menuju kebebasan tersebut bisa dicapai dengann langkah berikut :

  1. Start a business : ketahuilah masalah apa yang ada di masyarakat
  2. Grow a business : Ketahui pasar anda, perbanyak traffic, delegasikan operasional, fokus pada strategi
  3. Build the system : Bangun sistem yang otomatis akan menjalankan proses bisnis anda
  4. Get passive income : saat anda tidur / berlibur, uang tetap mengalir

Then, how to be a millionaire ?

  1. Follow the money. Setiap orang memiliki waktu 24 jam sehari tetapi pendapatan yang berbeda-beda. Ya, dengan meningkatkan pendapatan per jam anda bukan waktu kerja anda.
  2. Don’t show off, show up! Jangan baru mendapatkan uang Rp 1 milyar saja langsung show off dengan mobil harga segitu juga. Anda dikatakan sanggup membeli jika anda dapat membeli secara cash dan masih mempunyai cash minimal 10x dari nilai barang tersebut.
  3. Save to invest, don’t save to save. Jika anda menyimpan uang di bank apalagi tabungan, sebenarnya uang anda telah berkurang bahkan tanpa anda gunakan karena inflasi saja jauh lebih tinggi daripada bunga tabungan.
  4. Avoid debt that doesn’t pay you. Anda hanya boleh berutang jika dengan utang tersebut dapat mendatangkan income yang lebih tinggi dari bunga pinjaman anda. Jangan berutang untuk tujuan konsumtif.
  5. Money doesn’t sleep. Buatlah uang anda tetap bekerja bahkan jika anda tidur.
  6. Get a millionaire mentor. Carilah mentor yang sudah terbukti sukses di bidang yang anda jalani.
  7. Invest!
  8. Invest in yourself. Investasi leher ke atas merupakan investasi yang tidak ternilai yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan uang lebih banyak.

Untuk memulainya, pertama-tama, tentukan goal anda dan start action. Apa yang akan dilakukan Denny jika dirinya harus memulai dari awal? Bangun audience dan personal branding. Jika menjual suplemen, maka personal branding sebagai pakar fitnes tentunya akan sangat membantu kredibilitas yang pada akhirnya orang akan lebih percaya untuk membeli dari anda. Bangun juga tim anda. Temukkan mentor yang telah sukses di bidang anda. Janga lupa manfaatkan teknologi karena zaman sudah digital. Terakhir, selalu hidup sehat supaya pikiran juga tetap sehat dan kerja optimal.

Bagaimana cara menemukan partner untuk tim ?

Pertama, anda sebagai pemimpin harus mempunyai visi besar dan dapt memberikan arahan untuk operasional sehari-hari. Carilah partner yang dapat mengisi kelemahan anda. Misalkan anda orangnya mudah bosan, maka tentunya operasional sehari-hari harus diserahkan kepada orang yang dapat mengaturnya dengan baik dan terbiasa untuk melakukan rutinitas.

Denny Santoso dalam bukunya juga membagikan teknik negosisasi sebagai berikut :

  • Chunk up : cari kesamaan visi dalam suatu negosiasi
  • Chunk down : break down offer yang ditawarkan dan cari celah dimana anda dapat melakukan negosiasi pada poin-poin tersebut
  • Chunk side : bandingkan dengan yang sejenis
  • Reframing : Meluruskan asumsi baru memberikan penjelasan
  • Double binding : Berikan langsung penawaran dengan 2 pilihan daripada bertanya mau atau tidak.

Prinsip bekerja seorang Denny Santoso adalah : Speed , Delegate, Build SOP, dan Be unique. Dalam memilih produk untuk dijual, pertama-tama yang harus dilakukan adalah tentukan target market, buat list masalah-masalah yang mereka hadapi, pilih masalah yang terbesar, dan tentukan produk yang terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Content Marketing merupakan salah satu teknik marketing yang paling relevan saat ini. Orang tidak lagi asal membeli sebuah produk yang belum dikenal. Melalui content yang menarik, orang akan tertarik untuk membelinya. Dalam digital marketing, biasanya Denny menggunakan email untuk membangun contentnya. Berikut format yang biasa dipakai untuk membuat email marketing :

  1. Train your reader – latih pembaca untuk memahami apa yang anda tawarkan
  2. Reward them – beri mereka hadiah atau penghargaan
  3. Explain to them – beri mereka penjelasan mengenai hal yang belum mereka pahami
  4. Give exclusive offers – berikan penawaran eksklusif
  5. Give a specific testimonial – beikan testimonial spesifik dan detail kepada mereka
  6. Stack the values – tumpukkan benefit yang akan mereka daptkan dari anda
  7. Let them imagine the future – buat mereka mulai membayangkan masa depan
  8. Give a call to action – undang mereka untuk beraksi setelah membaca email anda
  9. create urgency – beri batas waktu untuk penawaran anda
  10. give a guarantee – berikan garansi untuk memberikan rasa nyaman pada pelanggan
  11. Recap – ulangi kembali pesan yang ingin anda sampaikan dengan singkat.

Membangun personal branding yang sesuai akan meningkatkan kepercayaan dan membuka banyak peluang bagi anda, terutama untuk meningkatkan penghasilan. Pertanyaan-pertanyaan awal yang perlu anda jawab sebelum mulai memoles personal branding anda yaitu :

  • Bagian mana dari diri anda yang ingin anda sorot lebih tajam?
  • Apa misi dan pesan anda?
  • Siapa tokoh di industri anda yang sukes membangun personal branding yang bisa anda tiru?

Terakhir, teruslah belajar. Hidup adalah proses pembelajaran yang terus berkelanjutan. Ketika anda memutuskan berhenti belajar, hidup anda akan mandek, tetap berada di tempat yang sama. Anda tidak akan bisa melihat peluang baru karena anda tidak mengetahuinya. Jika anda menjalani hidup begitu-begitu saja, hari ini sama dengan hari kemarin, hal itu sama saja dengan menonton film yang (meskipun bagus) sudah anda tonton berulang kali. Sungguh membosankan! Aoakah anda yakin ingin menjalani kondisi seperti itu seumur hidup?

Ya, semua usaha yang Denny Santoso lakukan dalam bisnis dan investasi adalah bertujuan untuk mendapatkan kebebasan dalam hidup yang selalu menjadi goal-nya, yaitu time freedom dan financial freedom.

Personal Opinion

Saya setuju dengan semua yang dibagikan denny santoso dalam bukunya tersebut. Hidup dengan memiliki kebebasan waktu dan finansial, yaitu bisa bekerja dimana pun, kapan pun, dan bebas secara finansial juga merupakan goal saya sendiri. Coba bayangkan betapa nikmatnya hidup ini dapat melakukan apapun kapan pun anda mau. Yes, that is having a good life, the best version of yourself.

Buku ini juga cukup ringan dan enak dibaca, dan kita pun dapat mengenal Denny lebih jauh. Kita dapat mempelajari sudut pandang, core value, pengalaman, dan apa yang dia lakukan. Bahkan Denny juga terbuka untuk menceritakan tentang bisnis-bisnisnya yang tidak berjalan (bukan hanya yang sukses).

 

Semoga ringkasan buku Done is Better than Perfect ini dapat menjadi inspirasi positif bagi teman-teman semua.

Cheers to Good life!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.