Celebrating New Year’s Eve di Kuala Lumpur KLCC

Ding Dong..! Fireworks pun meluncur dan berlangsung selama 10 menit di KLCC Park. Ini adalah pertama kalinya aku merayakan new year’s eve di luar negri. Akhirnya, salah satu wishlist terpenuhi lagi. Jadi bagaimana rasanya merayakan malam tahun baru di KL ? Bagaimana suasana countdown / new year’s eve di Kuala Lumpur terutama KLCC ?

KLCC fireworks

Liburan ke KL : Genting Highland, Bukit Bintang, KLCC

Karena ada keperluan mengunjungi KL pada tanggal 28 Desember, kepikirlah buat extend untuk merayakan malam tahun baru di Kuala Lumpur tersebut. Well, ini sebenarnya sudah wishlist gw dari 2 yang lalu, yaitu celebrating new year’s eve di LN. Destinasi yang recommended buat NYE fireworks di kawasan Asia ini sih menurut aku Singapore / Hongkong / Aussie (uda beda benua sih..). Tahun lalu sempat kepikir buat tahun baru di Taipei, tapi akhirnya memutuskan liburan ke Taiwannya di Februari saja karena lebih murah dan dapat melihat cherry blossom juga.

Berhubung ada kesempatan ke Kuala Lumpur buat NYE, ya sudahlah boleh juga deh.. Lagipula biaya liburan akhir tahun di KL juga pastinya lebih murah daripada di SG. Hotelnya saja pasti sudah beda jauh.

Jadilah hari pertama liburan, jalan-jalan di sekitaran Bukit Bintang yaitu Pavillion Mall, Sungai Wang, Lot 10 buat makan, dan malamnya di Alor. Bisa dibilang sih ini trip tersantai gw selama ke luar negeri karena masih sempat balik-balik hotel lagi buat mandi sore harinya.. Yaa nothing much to do in KL sih karena sudah sering juga.

Besoknya mengunjungi Genting Highland. Waktunya singkat banget sih disana karena tiket bus untuk balik KL untuk jam malamnya sudah habis semua. Terpaksa deh beli yang jam 3.45, which was only spending 3 hours there. Jadi, ya cuma makan, jalan-jalan di First World Mall deh dan sedikit belanja. Kayaknya lain kali kalau ke Genting mesti nginap deh.. Haha..

Balik dari Genting ke Awana Station dengan gondola, baru tau juga kalau ada Premium outlet disana.. Banyak diskonan loh dan buat masuk 1 toko branded pada ngantri2 gitu. Yahh karena gak cukup waktu, gak bisa deh cuci mata lagi. Mepet abisss! Pulang dari Genting ke Chinatown and yaa nothing much to see there as well..

Hari ketiganya yaitu di tanggal 31 Desember, menghabiskan waktu di Suria KLCC buat makan dan shopping. Sorenya balik lagi ke hotel buat istirahat supaya ada energi buat bergadang di malam hari.

New Year’s Eve di KLCC

Eng Ing Eng, sisa beberapa jam lagi sebelum pergantian tahun. Kami kembali ke KLCC pada jam 6 sore setelah mom istirahat bentar. KLCC dan Suria Mall tersebut sore harinya sudah lebih padat dibandingkan siang harinya. Makin malam makin ramai. Setelah selesai dinner, kami pun menuju KLCC park. Waktu itu jam 9 dan yang benar aja, KLCC park nya sudah ramai banget!

Pengunjung sudah pada mengamankan posisi duduknya, padahal belum ada apa2. Semua tempat yang ada bangku sudah full dan orang-orang juga sudah pada duduk di lantai / tangga / rumput2. Kami pun jalan sampai ke ujung taman dan Thanks God ada 2 space bangku yang masih bisa kami dudukin, walaupun sudah penuh gitu.

KLCC Fountain show

Jam 9.30 dimulailah konser-konser artis lokal. Karena posisi kami lebih ke ujung taman yang menghadap ke Petronas, suara konser pun gak gitu jelas. Tapi kirain kan fireworksnya bakal diluncurkan dari sekitaran menara kembar itu, jadi sengaja ke ujung supaya view-nya menghadap petronas.

Setelah menunggu hampir 3 jam duduk-duduk disana, akhirnya jreng-jreng, waktu countdown pun makin dekat. Tiba-tiba spot tempat kami duduk pun makin padat aja.. Orang-orang uda pada berdiri. Yang duduk di bangku pun jadi berdiri di bangku, termasuk gw XD..

KLCC kuala lumpur countdown

Jam 11.45 banyak kamera orang-orang disana uda pada standby menghadap kolam dan petronas. Akhirnya countdown pun dimulai : 10… 9… 8… 7… 6… 5… 4… 3… 2… 1… Dhuarrrr! Loh mana kembang apinya? Ternyata di belakang gaess, jadi view-nya bukan petronas dehhh, hahaha.. Semua kamera yang siap siaga menghadap petronas berbalik ke belakang, dan kami pun menikmati kembang api tersebut selama 10 menit sambil ngevideo-in.

Worthed gak sihhh nungguin hampir 3 jam buat fireworks 10 menit? wkwkkwk.. Ya pastinya fireworksnya jauh lebih bagus daripada di Medan.

Akhirnya pada bubarrr setelah selesai fireworksnya. Padat banget orang-orang, gilee… Bayangin aja berapa puluh ribu orang yang berkumpul di tempat tersebut dan dari berbagai negara. Jam 12.10 mulai jalan keluar dan akhirnya sampai di hotel sekitar jam 1. Untungnya pindah hotel ke yang lebih dekat, karena malam itu gak mungkin lagi naek taxi / grab, uda pada macet gilaa.. Para pejalan kakilah yang didahuluin, sedangkan mobil-mobil harus jalan super pelan dengan kecepatan yang sama kayak jalan kaki.. hahahha..

Selain KLCC ada juga sih tempat lain yang meluncurkan kembang apinya. Kayaknya klo di KL ada beberapa spot kembang api, tapi yang paling populer bagi turis sih KLCC. Hotel-hotel di sekitaran KLCC juga pada fully booked pada tanggal 31 Desember ini. So bagi yang punya rencana New Year’s Eve di Kuala Lumpur terutama KLCC ini, bagusan book hotelnya lebih awal ya..

Spot hotel yang bagus untuk menyaksikan langsung fireworks KLCC dari kamar hotel sih supposed to be Mandarin Oriental, Four Seasons, Hyatt, dan Traders Hotel. Best view di Traders Hotel karena kembang apinya sepertinya dari depan hotel sana, dan viewnya juga menghadap Petronas Twin Tower.

Bagi yang mau menyaksikan langsung di KLCC park, kalau dari pengalaman gw kemarin, kayaknya gak mesti buru-buru buat amani posisi duduk disana. Bagusan jalan-jalan dulu di Suria sampai mall nya tutup.. wkkwk.. Kecuali mau amani posisi duduk buat nonton konsernya uda harus standby disana dari jam 8, lol.

new year's eve di kuala lumpur KLCC

Tips Countdown / New Year’s Eve di KLCC

Berikut sedikit tips buat yang kepengen menikmati New Year’s eve di Kuala Lumpur, khususnya KLCC :

  • Beli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya, karena kalau sudah dekat harganya pasti lebih mahal, termasuk hotelnya. Fyi Hotel banyak yang fully booked pada tanggal 31 tersebut, padahal tanggal 30 dan 1 masih tersedia.
  • Pilih hotel yang dekat dengan KLCC / masih dalam walking distance, karena setelah acara fireworksnya selesai, semua pada jalan kaki pulangnya. Kalau naik taxi sih bakal super macett dan harga juga mungkin jadi triple.. Bahkan jalan kaki jauh lebih cepat daripada dengan mobil.
  • Kalau gak masalah dengan budget, maka bisa milih hotel-hotel yang langsung di sekeliling KLCC / best view buat fireworksnya seperti Traders, Four Seasons, Mandarin Oriental, dan sebagainya. Sedangkan rekomendasi hotel bagus lainnya yang lebih murah dalam area walking distance ke KLCC ( < 1 km ) yaitu Hotel Maya, Reinassance, Concorde, dan sebagainya.
  • Kalau mau nonton konser pre countdown, siapin makanan dan minuman buat ngemil sembari menunggu fireworks.
  • Tempat-tempat strategis dan yang mempunyai tempat duduk biasanya sudah full dari jam 8. Ketika gw ke lokasi pada jam 8.45 gitu az uda full semua. So, bagi yang mau spending time there n gak masalah buat nunggu lama atau sekalian ngedate gitu, mungkin boleh datang lebih awal. Sedangkan bagi yang gak masalah berdiri bentar dan cuma mau liat fireworksnya mungkin bisa standby dari jam 11 malam, karena konser pre countdown tersebut juga tidak kedengaran jelas kalau berdiri agak jauh. Ya, kalian bisa menyaksikan water fountain show di KLCC tersebut yang lumayan bagus lah..

Sekian sedikit sharingnya yah mengenai pengalaman ikutan countdown di KLCC Kuala Lumpur, hehe..

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.