Tips Perencanaan Keuangan : Cara Alokasi Pendapatan Anda Setiap Bulannya

Say No to habis bulan habis gaji! Memang tidak bisa dipungkiri sebagian besar generasi millennial saat ini kurang memperhatikan yang namanya perencanaan keuangan dan lebih mementingkan yang namanya gaya hidup, sehingga ‘habis bulan habis gaji’ menjadi salah satu kebiasaan anak muda sekarang. Sampai-sampai ada isu kekhawatiran bahwa mayoritas generasi millennial saat ini memiliki kesulitan untuk membeli rumah.

alokasi pendapatan supaya tidak habis gaji

Kenapa ya kalau gaji itu akhir bulan gak ada sisanya? Tau gak kesalahan terbesar kebanyakan orang saat ini ketika menerima gaji? Bagaimana supaya gaji anda selalu bersisa dan aset anda selalu bertumbuh? Berikut cara alokasi pendapatan yang wajib diketahui.

Kesalahan utama ketika menerima gaji / pendapatan apapun itu yaitu dibelanjakan dulu, bayar cicilan dulu, sisanya baru ditabung. Sayangnya, kebanyakan sih gak ada sisanya. Pengeluaran besar? Gaji kecil? Percayalah, bukan masalah seberapa kecil atau besar gaji anda. Pengeluaran anda akan berbanding lurus dengan pendapatan anda. Semakin besar pendapatan anda, maka semakin besar pula pengeluaran anda. Jika anda belanjakan dulu ya tetap ujung-ujungnya gak akan bersisa atau cuma sedikit sekali, seberapapun besar pendapatan anda. Intinya, ketika anda tidak memutuskan untuk mengalokasikan sebagian uang tersebut untuk disimpan dalam bentuk apapun, kalau ada bersisa pun ya paling cuma dikit. Lantas kapan donk bisa beli rumah ?

Bagaimana cara yang benar untuk mengalokasikan pendapatan bulanan anda?

Pertama, sisihkan dulu sebagian yang tujuannya bukan untuk dihabiskan (bukan konsumsi atau kebutuhan hidup). Jadi, pisahkan yang sudah dialokasikan untuk kebutuhan saat ini / konsumsi dengan yang akan ditabung untuk kebutuhan masa depan.

INCOME – SAVINGS = EXPENSES

cara mengalokasikan gaji

Berikut salah satu cara / tips alokasi pendapatan bulanan yang baik (anda dapat menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan anda) :

# 10% untuk sedekah / amal

Di agama manapun selalu diajarkan untuk sedekah / amal. Tujuan sedekah memang untuk kebaikan, saling berbagi, dan membuat kita tidak menjadi budak uang. Namun, sedekah ini bukan hanya sekedar ajaran teoritis untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga sebenarnya kita berinvestasi secara spiritual. Hasil investasi? Anda akan merasakan keajaibannya ketika anda selalu bersedekah secara ikhlas (manfaat sedekah ini tidak akan saya bahas lebih rinci dalam portal perencanaan keuangan ini, namun anda mungkin dapat menemukannya disini).

# 20% untuk masa depan

Alokasi berikutnya yaitu 20% untuk masa depan yang dibagi lagi menjadi 10% untuk investasi masa depan (disarankan untuk investasi jangka panjang) dan 10% lagi untuk keamanan masa depan. Pembagian 10%-10% tersebut dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

Untuk 10% investasi jangka panjang, anda dapat memilih untuk berinvestasi di emas, saham, reksa dana, deposito, dan sebagainya. Sebaiknya 10% ini dipecah lagi ke beberapa instrumen sesuai dengan tingkat risikonya, misalnya 5% di investasi berisiko rendah (contoh : deposito), dan 5% di investasikan dengan return yang lebih tinggi namun memiliki risiko yang lebih tinggi pula (contoh : saham). Pembagian ini dapat disesuaikan dengan profil risiko anda.

Sedangkan 10% kedua untuk keamanan masa depan, yaitu asuransi. Anda tentu tidak mau kan uda capek-capek simpan uang dari 10 tahun yang lalu atau uda capek-capek bangun aset tiba-tiba ludes dalam sekejap karena adanya kejadian yang tidak diinginkan yang memerlukan biaya besar. Maka dari itu, lindungilah diri anda dan keluarga dengan asuransi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, ini juga namanya investasi karena ada jaminan bagi keluarga bila sewaktu-waktu si pencari nafkah meninggal.

# 25% untuk cicilan produktif

Cicilan produktif di sini maksudnya yaitu cicilan untuk rumah atau mobil yang sifatnya memang menunjang kebutuhan anda supaya bisa produktif. Rumah kan salah satu kebutuhan pokok, sedangkan mobil ya untuk mendukung aktivitas anda aja (walaupun tidak wajib). Disesuaikan aja sama kebutuhan anda.

Dari bank sendiri pada umumnya mempertimbangkan bahwa cicilan bulanan yang anda bayar jika anda mengambil KPR tidak lebih dari 1/3 pendapatan bulanan anda (supaya KPR anda disetujui), yang artinya maksimal 33.3% dari pendapatan anda dapat dialokasikan untuk cicilan rumah. Untuk konsep perencanaan keuangan disini, direkomendasikan sebesar 25%, tetapi tetap disesuaikan dengan kebutuhan anda.

# 5% untuk hiburan / liburan

Sebagai manusia normal, apalagi generasi millennial, pastilah memerlukan yang namanya hiburan. Bahkan travelling menjadi salah satu gaya hidup utama sebagian orang. Ya kita juga perlu memanjakan diri atas kerja keras kita bukan? Kebutuhan ini juga perlu dialokasi supaya tidak membengkak tiba-tiba. 5% untuk hiburan di sini maksudnya hiburan yang perlu kita tabung dulu ya karena mungkin memerlukan biaya yang lumayan, contohnya travelling. Kalau anda memang bukan orang yang suka dengan hiburan tertentu, mungkin anda bisa menggunakan alokasi ini untuk membeli barang yang memberikan kepuasan sendiri sebagai penghargaan atas kerja anda.

# 40% Kebutuhan / Biaya Hidup

Nah, setelah dipotong yang atas semua, barulah sisanya sebesar 40% kita gunakan untuk membiayai keseharian kita. Bebas deh mau belanjaian 40% ini sampai habis juga gak masalah. Tapi kalau memang ada sisa yang bisa ditabung lagi ya tentunya lebih baik donk, bisa sebagai cadangan untuk kebutuhan mendesak apapun nantinya atau menambah alokasi di kategori lainnya seperti yang telah dibahas di atas. Misalnya kalau alokasi 5% untuk liburan tidak cukup untuk memenuhi target jalan-jalan, ya ambil dari alokasi 40% ini.

Pembagian alokasi di atas memang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Yang penting adalah disiplin dalam menerapakannya. Upayakan alokasi untuk kebutuhan / biaya hidup tidak melebihi 50% dari pendapatan anda (disarankan 40% sesuai yang disebutkan).

Semoga cara alokasi pendapatan di atas bermanfaat untuk perencanaan keuangan anda ! Cheers to Good and Rich Life!

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.