Buku Never Too Young to become a Billionaire by Yasa Singgih

pengusaha muda indonesia Yasa Singgih

Yasa Singgih, seorang anak muda yang saat ini hanya berusia 23 tahun telah membuktikan bahwa sukses berbisnis di usia muda adalah hal yang sangat mungkin. Dirinya telah menjadi ikon pengusaha muda Indonesia lewat bisnis skala nasionalnya bahkan sebelum lulus kuliah. Kisah bisnisnya sebenarnya telah dimulai sejak duduk di SMP 3 ketika anak remaja yang lain hanyak sibuk bermain atau belajar buku sekolah. Seorang Yasa juga telah pernah merugi Rp 100-an juta pada saat di bangku SMA yang akhirnya bangkit kembali dan terus berjuang bahkan mencapai percepatan bisnisnya sebelum usia 20 tahun tersebut.

Dalam bukunya Never Too Young to become a Billionaire ini, Yasa Singgih membahas kisah perjalanannya, dengan bendera bisnisnya Men’s Republic, sebuah brand fashion yang dibangunnya dari nol. Yasa juga membagikan tips dan strategi bisnis yang semua berdasarkan pengalaman pribadinya membangun bisnis from Zero to Hero dalam bukunya tersebut. Simak lebih lanjut perjalanan bisnis dan nilai-nilai pribadi seorang Yasa yang dirangkum dalam bukunya berikut ini.

Intisari Buku “Never Too Young to become a Billionaire” dan Apa yang dapat dipelajari

Definisi sukses setiap orang berbeda. Bagi seorang Yasa, sukses adalah proses perubahan terus-menerus untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, yaitu bandingkan diri anda hari ini dengan kemarin, jangan membandingkan diri anda dengan orang lain karena standar kesuksesan setiap orang berbeda. Sukses adalah ketika diri kita dapat menjadi seseorang yang mempunyai nilai, yang memberikan manfaat bagi orang. Manusia memang selalu memiliki rasa tidak puas dan itu baik karena kita akan terus bertumbuh. Namun, ada satu hal lagi yang perlu dimiliki yaitu rasa syukur. Pintar-pintarlah mengolah hati untuk bersyukur di tengah perburuan untuk menuju sukses yang baru.

Salah satu mantra syukur dari Yasa Singgih adalah “all is well” baik dalam keadaan susah maupun senang. Ketika dalam kondisi susah, selalu ingatlah bahwa banyak keadaannya jauh di bawah kita namun tetap tersenyum. Banyak hal-hal yang bisa kita syukuri dan sadarlah betapa beruntungnya kita. Sukses diawali dengan hati yang bahagia. Hati yang bahagia didapat dari rasa syukur. Rasa syukur timbul karena kesadaran diri.

Saat anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, kesiapan yang harus anda miliki bukan hanya kesiapan untuk kaya namun juga kesiapan untuk gagal. Sebuah konsep yin dan yang menjelaskan bahwa semuanya harus seimbang, berjalanlah di tengah.

Hope for the best, prepare for the worst. We mus thave positive attitude but always ready for every disaster, and do whatever you can do!

Dalam hidup, kita harus punya impian. Syarat sebuah impian antara lain : 

  1. Harus spesifik, detail, dan jelas
  2. Sesuatu yang terukur yang dapat ditingkatkan
  3. Impian tersebut harus membuat kita sangat antusias ketika membayangkan dan membicarakannya
  4. Anda harus punya alasan kuat mengapa memilih impian tersebut
  5. Set time limit agar anda tahu kapan harus memulai dan menyelesaikannya.
  6. Impian harus ditulis dan tempel pada tempat yang dapat anda lihat setiap hari
  7. Mempunyai visi yang mulia juga akan mempermudah jalan anda dalam mendapatkannya
  8. Pancinglah impian anda dengan misalnya berpakaian layaknya sosok diri yang anda impikan

The Power of Kepepet

The Power of Kepepet bisa disebabkan karekan kepepet alami (kondisi yang memang anda sudah kepepet) dan kepepet buatan (kondisi kepepet yang anda ciptakan sendiri secara sengaja). Yasa sering menciptakan kondisi kepepet ini dan menggunakan The Power of Kepepet agar dirinya dapat maju lebih cepat. Contohnya, ketika dirinya mendapatkan orang tuanya sebenarnya membutuhkan dana untuk operasi ayahnya, Yasa yang saat itu baru SMP 3 langsung memutuskan tidak lagi mengambil uang jajan dari orang tuanya dan akan membayar uang sekolahnya sendiri, sehingga dirinya fight habis-habisan untuk mencari uang sendiri. Selain itu, Yasa juga pernah menciptakan kondisi kepepet dengan langsung memberikan semua sisa tabungannya yang saat itu Rp 700 ribu rupiah sebagai DP untuk pembuatan baju, padahal belum ada ide dan konsep sama sekali, sehingga dengan deadline yang diberikan agar DP tidak hangus, pikiran kreatifnya muncul. Kondisi kepepet buatan lainnya yang diciptakan Yasa adalah dengan bayar kios full setahun untuk buka kafe padahal dirinya masih bingung mau jualan apa.

Namun, ilmu kepepet ini juga harus selalu diingat konsekuensinya untuk siap gagal, jangan sampai menyusahkan orang lain. Meskipun demikian, ilmu ini dapat menjadi salah satu yang terbaik untuk menjerumuskan anda ke dunia pengusaha, dunianya para pencari risiko.

Mental Entrepreneur

bisnis yasa singgih

Entrepreneur berbeda dengan pedagang, terutama dalam hal mentalnya. Pengusaha / entrepreneur mempunyai visi jangka panjang, merangkul kiri-kanan yang diajak berkolaborasi, memanfaatkan faktor kali, ikhlas berbagi keuntungan, dapat mendelegasi tugas kepada timnya, dan dari semuanya itu dapat menciptakan sistem bisnis yang tetap akan berjalan meskipun tanpa kehadiran dirinya. Pedagang mengerjakan semuanya sendirian, berpikir jangka pendek, menciptakan kompetitor daripada kerjasama, dan bisnisnya hanya berjalan pada saat dirinya ada.

Nilai tambah x Faktor kali x Daya ungkit = Pengusaha Sukses

Menjadi entrepreneur itu nikmat karena memiliki banyak uang bahkan dapat membuat anda menjadi konglomerat besar. Namun, sebelum semua itu tercapai, anda akan melewati berbagai macam rintangan, cacian, hinaan, dan menjadi orang yang sering diremehkan orang lain sebagai seorang pemula. Yasa bahkan pernah merasakan saat-saat dimana dirinya lebih miskin dari seorang pengemis dengan tidak ada uang sama sekali baik di dompet dan ATM. Menjadi pengusaha itu adalah keputusan.

Saat seseorang ingin memulai bisnis, ia harus menyusun sebuah puzzle bisnis yang terdiri dari 4 hal yaitu :

  1. Passion : anda harus menemukan sebuah bisnis yang membuat anda sangat bergairah / enjoy saat menjalankannya.
  2. Result : Bisnis yang dijalani harus menghasilkan uang untuk anda
  3. Chance : seberapa besar peluang bisnis anda ke depannya?
  4. Helpful : bisnis anda harus punya tujuan baik yaitu bermanfaat kepada diri anda sendiri dan banyak orang.

Anda boleh memulai dari salah satu puzzle dulu, tidak perlu langsung mencari hal yang bisa keempatnya sekaligus, baru sempurnakanlah perlahan.

Tips sederhana langsung memulai bisnis :

  1. Cari saudara, tetangga, atau teman anda yang memiliki usaha apapun (makanan / pakaian / jasa / lainnya).
  2. Lakukan pendekatan ke mereka dengnan sikap yang baik dan tawarkan untuk membantu mereka menjualan produk/jasanya.
  3. Usahakan anda tidak menyimpan stok barang. Bernegosiasilah agar anda dapat membayar setelah barangnya laku terjual.
  4. Tawarkan ke banyak orang, mulai dari orang terdekat
  5. Di awal tidak perlu ngotot dengan margin tinggi. Saat permintaan mulai banyak, carilah cara produksi sendiri agar tidak bergantung dengan supplier anda.

Lima level bisnis :

  1. Starting : anda masih single fighter, yang penting mulai dulu dan sempurnakan perlahan. Inti dari level ini adalah semua orang mengenal anda dan bisnis anda. Get the market first dan biarkan bisnis anda dikenal dimana-mana.
  2. Running : Di tahap ini sudah banyak yang mengenal bisnis anda. Saatnya anda memikirkan strategi yang lebih matang. Pada tahap ini anda mulai fokus di profit dan mulailah mencari karyawan yang membantu anda karena anda harus mulai lepas kegiatan operasional.
  3. Flying : Di sini anda harus mulai membangun tim yang kuat untuk menjalankan bisnis. Anda harus bisa menularkan value bisnis yang anda pegang kepada tim agar mereka juga mempunyai rasa memiliki bisnis ini. Anda harus mencari cara agar bisnis memiliki nilai tambah, faktor kali, dan daya ungkit.
  4. Finishing : Level ini , bisnis anda sudah hampir sempurna dengan sistem yang sudah berjalan lancar dan omset terus naik. Anda sudah dapat menduplikasikan bisnis anda di banyak tempat.
  5. Ending : Ini adalah level ketika anda dapat pergi meninggalkan bisnis selama bertahun-tahun namun bisnis anda tetap bertumbuh dan mengalirkan uang kepada anda.

Yasa juga membagikan tips untuk bisa mendapatkan mentor,  yaitu orang yang akan membimbing anda ataupun tempat sharing untuk kemajuan bisnis anda. Orang tersebut tentunya harus berada di bidang yang sama dan merupakan seorang praktisi yang sudah sukses atau gagal lebih dahulu. Pertama adalah dapatkan perhatiannya terlebih dahulu, baik dengan sering berinteraksi di medsos, datang ke event yang dihadiri orang tersebut, berani memperkenalkan diri, ataupun berikan hadiah sederhana. Lakukan bukan hanya sekali dua kali, tetapi sampai dia menyadari keberadaan anda dan mengingat anda. Jangan punya pikiran “apa yang bisa anda dapatkan” terlebih dahulu, tetapi berpikirlah “apa yang bisa anda berikan terlebih dulu.”

Strategi Bisnis

Triangle Strategy

Salah satu strategi yang dibagi Yasa dalam bukunya tersebut adalah The Triangle Strategy of Business (segitiga PDB) yang dipopulerkan oleh Bapak Hermawan Kartajaya, sebagai berikut :

  1. Positioning : di pasar mana anda ingin bermain? Siapa target pasar anda dan apa ciri-cirinya? Bagaimana gaya hidupnya? Berapa rentang harga yang sesuai? Bagaimana bisnis anda diingat oleh mereka?
  2. Differentiation : Apakah perbedaan anda dengan yang lain? Apa kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut? Apa yang membuat pelanggan harus membeli produk anda dibandingkan produk sejenis lainnya? Apa saja SWOT bisnis anda?
  3. Branding : Apa yang menjadi value bisnis anda? Apa ciri khas atau keunikan bisnis anda? Apa kualitas produk yang bikin nagih? Apakah logo dan tagline bisnis anda powerful? Bagaimana agar bisnis anda menempel di benak pelanggan dan cara agar pelanggan loyal?

Tips-tips sukses lainnya dari Yasa Singgih dalam bukunya Never Too Young to become a Billionaire antara lain :

  1. Bangunlah super team, kelola dengan cara :
    1. Berikan reward dan punishment
    2. Prinsip Work Hard, Play Hard
    3. Jangan pelit ilmu sama tim sendiri. Ajak mereka untuk berkembang bersama anda
    4. Dekat dengan tim, tidak hanya mengenai masalah pekerjaan
  2. Ciptakan viral yang dibicarakan di mana-mana, dengan elemen-elemen berikut : Unique, Funny, dan Inspiring.
  3. Mengasah kapak dan memantaskan diri untuk menjadi sukses / memiliki rasa layak. People will see you depend on how you see yourself. Dengan memperbaiki attitude dan skill, maka anda secara tidak langsung memantaskan diri untuk menjadi orang yang layak. Selain itu rasa layak juga dibentuk dari lingkungan. Pilihlah lingkungan yang positif dan dapat membuat anda berkembang.
  4. Buang mental miskin, seperti suka yang gratisan, lebih suka dibantu orang lain, maunya meminta terus, menggantungkan nasib ke tangan orang lain, merasa selalu tertekan, dan selalu menyalahkan keadaan atau orang lain.
  5. Give and Receive. Saat anda memberi terlebih dahulu ke orang lain, anda tak perlu mengambil hak anda, tetap anda hanya perlu duduk manis menerima hak anda.
  6. Selalu berbakti dengan orang tua dan berbuat kebaikan (sedekah).
  7. Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja berkualitas, dan kerja ikhlas.

Perjalanan Bisnis Yasa Singgih

Yasa Singgih Men's republic

Di buku Never Too Young to become a Billionaire ini juga Yasa menceritakan kisahnya sejak SMP 3, dimana dia mulai nge-MC untuk mendapatkan uang dan biaya sekolah sehari-hari karena memutuskan tidak lagi meminta uang jajan kepada orang tuanya. Setelah itu, Yasa berjualan lampu hias tetapi tidak bertahan lama. Kemudian dengan sisa tabungannya, Yasa memberikan semuanya untuk produksi kaos design sendiri dan ternyata hasil design tersebut tidak laku. Dalam kondisi semakin kepepet, Yasa nekat mencari penyuplai kaos di Tanah Abang yang mau memberikan tempo pembayaran. Dari sana titik balik Men’s Republic. Dengan modal Rp 30 ribu, kaos dijual dengan harga Rp 90rb – 120 rb karena tampilan visual yang menarik yang diambil Yasa dengan kamera DSLR dengan model temannya yang berbadan bagus. Bisnis kaos yang sudah berkembang membuat Yasa merambah ke bisnis kuliner dengan membuka kedai Ini teh Kopi, namun bisnis ini akhirnya harus tutup dan merugi hampir 100 juta (untuk anak yang masih duduk di bangku SMA). Untungnya, Yasa sempat berinvestasi membeli tanah pada saat mendapatkan uang dari bisnis kaosnya. Tanah kemudian dijual dan Yasa kembali bangkit fokus dengan Men’s Republic, yang awalnya hanya toko online telah menjadi brand lokal fashion pria yang cukup diminati, dari mengambil di tanah abang menjadi produksi sendiri.

Personal Opinion

Dalam buku Never to Young to become a Billionaire, Yasa Singgih blak-blakan menceritakan seluruh kisah dan perjuanganya serta nilai-nilai yang dipelajarinya selama perjuangannya. Selain tentang entrepreneurship, salah satu pesan moral yang diperoleh dari sosok seorang Yasa adalah pentingnya menjadi anak yang berbakti, karena dengan doa dari orang tua, segalanya akan lebih lancar. Yasa adalah sosok orang yang mandiri. Bagaimana tidak? Dirinya nekat untuk tidak mengambil uang jajan dari orang tuanya ketika mendengar bahwa papanya membutuhkan uang untuk operasi. Karena didikan orang tua, Yasa juga menjadi seorang yang humble, dan selalu mau berbagi.

Kisah Yasa Singgih sebagai seorang pengusaha muda sukses di Indonesia patut dicontoh oleh anak muda lainnya. Dirinya membuktikan bahwa sukses tidak ada hubungan dengan usia. Buanglah segala macam alasan yang menghambat, seperti masih terlalu muda, masih belum berpengalaman, dan sebagainya, karena sebenarnya, menjadi pengusaha dan mau sukses itu adalah keputusan hidup.

Buku ini juga membimbing anda untuk langsung praktik, dimana di akhir setiap bab terdapat tugas yang harus anda kerjakan sebelum lanjut membaca bab selanjutnya. Selamat membaca buku lengkapnya!

Cheers to Good Life!

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.