Berpikir Positif dan Menghitung Berkat – Pesan dari Norman Vincent Peale

Anda mungkin merasa buruk terhadap kondisi yang anda rasakan saat ini, namun ketahuilah bahwa anda selalu mempunyai hal-hal untuk disyukuri. Anda hanya cukup melihatnya dari kacamata yang berbeda. Berikut adalah inspirasi singkat dari buku “Berpikir Positif” oleh Dr. Norman Vincent Peale mengenai berpikir positif dan menghitung berkat :

Seorang pengusaha yang bangkrut datang menemui Norman Vincent Peale di kamar hotelnya dan memprotes ceramah Peale sebelumnya tentang berpikir positif.
Dia mengatakan :”Mr. Peale, Anda menyarankan kami utk terus berpikir positif pada segala situasi. Tetapi itu tidak mungkin saya lakukan. Pada usia 55 tahun ini usaha saya bangkrut, seluruh perusahaan dan kekayaan saya lenyap. Saya sudah kehilangan segala galanya. Bagaimana mungkin saya bisa berpikir dan bersikap positif ?”

Peale : “Saya prihatin dengan kondisi Anda. Bolehkan saya bertanya beberapa hal tentang Anda ? Bagaimana dengan kondisi kesehatan Anda di usia ini ?”

Pengusaha : “Saya sehat sehat saja”

Peale mengambil kertas dan menuliskan kata kesehatan yg baik. Dia bertanya lagi : “Bagaimana dengan isteri Anda menghadapi kebangkrutan ini. Apa dia meninggalkan Anda ?”

Pengusaha :”Tidak, dia setia kepada saya dan mendukung apapun yg akan saya lakukan”

Peale : “Bagus sekali. Bagaimana dengan anak anak Anda, apakah mereka menyalahkan Anda dan memusuhi Anda karena kebangkrutan ini ?”

Pengusaha : “Anak anak saya sangat mendukung dan siap membantu saya. Tetapi apa gunanya, saya sudah tidak punya apa apa lagi”

Peale : “Bagaimana dengan teman teman Anda ?”

Pengusaha : “Beberapa menjauh dari saya, tetapi tidak apa apa. Saya jadi tahu siapa teman saya yg sejati. Sebagian besar teman tetap mendukung saya, mereka siap meminjamkan uang jika saya memerlukannya. Tetapi kejatuhan saya ini sudah sangat parah. Saya benar benar bangkrut”

Peale terus menanyakan beberapa hal lagi dan menulis jawaban pria tadi. Kemudian dia menunjukkan kertas itu. Di samping kiri tertulis HAL-HAL YG MASIH DIMILIKI. Sebelah kanan tertulis HAL-HAL YG HILANG. Di kolom kiri paling atas tertulis kesehatan yang bagus, kemudian istri yg setia, anak yg mendukung, teman teman yg siap membantu, rumah yg nyaman, mobil yg nyaman, tetangga yg baik, dan masih banyak lagi.

Di sebelah kanan hanya ada 1 tulisan yaitu “Perusahaan”.

“Inilah daftar apa yg masih Anda miliki dan yg hilang dari Anda. Yang hilang hanya 1 yaitu perusahaan Anda. Sedangkan yg lain masih utuh. Anda bukan kehilangan segalanya, tetapi Anda masih memiliki segala galanya, kecuali bisnis Anda”

Membaca itu, pria tadi menangis tetapi dengan suasana hati yg berbeda. Kemudian dia tersenyum dan mengucapkan terima kasih kepada Peale karena telah disadarkan bahwa sebenarnya dia masih memiliki banyak hal yg jauh lebih berharga yg disangkanya sudah tidak dimilikinya lagi.

Peale kemudian membekali pria tadi dengan sebuah kalimat yg perlu diucapkan jika menghadapi kondisi yg dianggapnya sulit. Kalimat itu perlu dibaca 3 kali : “Demi Tuhan yang telah memberikan kekuatan kepadaku, aku mampu melakukan segala-galanya.”

Pria yang tadinya masuk ke kamar dengan muka tertunduk lesu dan mata suram, sekarang keluar dari kamar Peale dengan muka tengadah dan tersenyum. Matanya memancarkan keoptimisan.

Credit to : Mr. Tommy J. Wong, yang telah membagikan kutipan di atas dalam sebuah grup Facebook “Theta Attraction”.

Sering kali dalam kehidupan kita lupa bersyukur dan merasa memiliki masalah yang sangat besar sampai tidak tahu harus bagaimana lagi. Inilah pentingnya menjaga pikiran dan mindset kita agar selalu positif. Ketika anda merasa stuck, cobalah untuk melepaskan kacamata tersebut dan kenakanlah kacamata yang berbeda untuk melihat sisi yang berbeda.

The way to Happiness : Keep your heart free from hate, your mind from worry. Live simply, Expect little, Give much. Scatter sunshine, Forget about self, Think about others. Try this for a week and you will be surprised! – Norman Vincent Peale

Semoga Bermanfaat! Cheers to Good Life!

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.