Bagaimana Optimasi Kekuatan Kesadaran Diri untuk Kebahagiaan Hidup

cara mengembangkan kesadaran diri

Salah satu keajaiban hidup ternyata terletak di dalam diri kita sendiri, baik untuk bahagia maupun sukses. Banyak yang mengabaikannya, namun ternyata Kesadaran diri (self awareness) adalah salah satu rahasia alam yang memiliki kekuatan untuk mewujudkan apapun yang kita inginkan dan untuk mencapai kebahagiaan hidup. Hidup yang bahagia otomatis menarik lebih banyak kesuksesan ke dalam hidup kita. Lantas, bagaimana cara mengembangkan atau optimasi kesadaran diri (self awareness) untuk mewujudkan hidup yang bahagia? 

Pada dasarnya, tujuan hidup manusia adalah untuk bahagia. Mengapa orang ingin sukses, ingin kaya, ingin menikah, dan sebagainya? Supaya dirinya bisa merasa bahagia, karena dengan sukses dirinya menjadi diakui dan ketika kaya dapat membeli apapun yang diinginkannya. Menjadi diakui dan dapat membeli apapun yang diinginkannya menjadikannya bahagia dan puas. Oleh karena itu, banyak orang kesulitan untuk bahagia karena merasa belum sukses, belum kaya, belum mempunyai pasangan hidup, dan lain sebagainya. Padahal kunci kebahagiaan itu ada di dalam diri sendiri. Kita dapat memilih apakah kita mau bahagia atau menunggu sukses dulu baru bahagia? Sayangnya, kebahagiaan hidup (sukses secara mental) membuat sukses secara materi lebih gampang diraih, dikarenakan sukses secara materi tersebut lebih menyukai orang-orang yang pada dasarnya sudah sukses secara mental (baca : bahagia). Jadi prinsipnya bahagia dulu baru sukses, bukan sukses dulu baru bahagia, setuju?

Definisi Kesadaran diri (Self Awareness)

Kesadaran diri / self awareness adalah kondisi dimana pikiran kita sadar betul apa yang sedang dipikirkan, apa yang dilakukan oleh diri kita pada saat sekarang (now). Kata kuncinya adalah saat sekarang (present moment). Diri kita benar-benar sadar kita bahwa kita sedang bernafas, berjalan, memikirkan apa, dan bagaimana perasaan kita, tanpa mencoba mengontrol / memberikan arti benar salah (hanya sepenuhnya sadar).

Sebenarnya manusia itu terdiri dari 2 diri, yaitu diri fisik (Physical body / self ego / conscious self) dan diri spiritual (higher self / subsconcious self). Ketika anda dapat terhubung dengan diri spiritual anda ini, maka anda dapat menggunakan kekuatan alam bawah sadar yang kekuatannya jauh lebih kuat (dikatakan sebesar 88% dari kekuatan otak kita), sedangkan kekuatan otak sadar hanya 12%. Pada saat inilah, hal-hal yang anda inginkan akan lebih mudah tertarik kepada anda (Baca : Law of attraction). Di kondisi ini juga, inspirasi-inspirasi untuk membuat anda sukses secara materi muncul. Sayangnya, saat ini rata-rata manusia sudah hampir tidak terhubung dengan diri spiritualnya, karena saking sibuknya. Kabar baiknya, salah satu kunci untuk menghubungkan diri anda dengan diri spiritual anda, adalah dengan kesadaran diri (self awareness) ini.

Bagaimana Cara Mengembangkan Kesadaran Diri

Pikiran kita sering kali terjebak pada masa lalu maupun masa depan. Kita sering kali memikirkan hal-hal yang sudah lewat yang pada akhirnya secara tidak sadar selalu mengembangkan perasaan menyesal, seperti ‘seandainya aja begini’, ‘coba aja kalau kemarin begitu’, ‘sayang sekali ya tadi tidak kesana’, dan seterusnya. Kita juga sering mengkhawatirkan masa depan, seperti ‘aduh, nanti kalau begini gimana ya’, ‘kira-kira apa yang mau dilakukan yah kalau ntar begini’, ‘tugasnya banyak banget, gimana kalau ntar gak selesai-selesai’, ‘nanti abis ini mau gimana lagi’, dan seterusnya. Terjebak dalam penyesalan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan adalah salah satu kebanyakan orang. Padahal, masa lalu sudah lewat dan tidak dapat kembali kesana, dan masa depan pun belum terjadi.

Daripada memikirkan masa lalu ataupun mencemaskan masa depan, kondisi yang harus benar-benar kita perhatikan adalah saat ini juga / sekarang yaitu pikiran kita sepenuhnya hadir pada saat sekarang. Kita dapat mengamati apa yang sedang dipikirkan pikiran kita, bagaimana perasaan kita saat ini, mengamati nafas kita yang keluar dan masuk melalui hidung, merasakan kaki kita yang mengenai lantai pada saat berjalan, dan sebagainya. Mungkin ini kelihatannya mudah, namun pikiran kita cenderung lari kemana-mana, tidak pada tempatnya. Mungkin kita hanya bisa mengamati semua hal tersebut dalam 1 menit pertama kemudian pikiran kita melayang lagi. Dengan demikian, kita harus melatih fokus agar tetap terhubung pada kesadaran diri.

Cara paling sederhana untuk mengembangkan kesadaran ini adalah dengan melatih bermeditasi, yaitu mengamati nafas yang keluar masuk melalui hidung. Bermeditasi disini tidak harus tutup mata sambil bersila karena tujuan utamanya adalah melatih kesadaran kita untuk bernafas. Anda dapat duduk dengan mata tetap terbuka dan rasakan nafas yang keluar masuk tersebut.

Berikut langkah-langkah mengembangkan kesadaran diri :

  1. Mengamati dan merasakan keluar masuk nafas melalui hidung
  2. Memperhatikan setiap gerak langkah kaki ketika berjalan dan rasakan ketika kaki kiri dan kanan bergantian menginjak lantai
  3. Mengamati apa yang sedang kita pikirkan. Cukup amati, tidak perlu berusaha untuk mengontrol pikiran kita
  4. Mengamati apa yang sedang kita rasakan (mengamati perasaan kita), apakah kita sedang senang, puas, sedih, khawatir, dan sebagainya. Ini juga cukup diamati saja.
  5. Setelah berhasil mengamati apa yang kita pikirkan dan rasakan, anda dapat secara sadar untuk memilih pikiran yang lain yang lebih positif dan coba amati perasaan anda terhadap pikiran yang baru anda pilih tersebut. Misalnya anda sedang sedih karena ditinggal pacar. Anda mengamati bahwa pikiran anda sedang sedih. Pilihlah untuk melepaskan pikiran sedih tersebut, dan setelah berhasil lepas, sekarang anda dapat memilih melakukan hal lain yang membuat anda senang. Misalnya anda berpikir untuk mengajak teman hangout dan coba amati perasaan anda setelah memilih pikiran untuk hangout tersebut apakah lebih baik. Timbang-timbang terus pikiran anda sampai mendapatkan perasaan yang lebih baik.
  6. Seperti contoh yang disebutkan di atas, lepaskan pikiran-pikiran negatif yang tidak enak, carilah pikiran yang dirasakan enak. Let go the negative thought.

Bagaimana kesadaran diri membuat diri kita bahagia ?

Baiklah, anda sudah tahu cara-cara mengembangkan kesadaran diri (self awareness) seperti yang dijabarkan di atas. Anda juga sudah tahu bahwa untuk sukses, kita harus terlebih dahulu bahagia. Lantas, bagaimana optimasi kesadaran diri tersebut untuk kebahagiaan hidup?

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu kunci terhubung dengan higher self kita adalah melalui kesadaran diri, yaitu pikiran kita hadir sepenuhnya pada kondisi saat ini. Setelah terhubung, kita dapat mengakses dan berkomunikasi dengan higher self / spiritual self / inner soul kita melalui alam bawah sadar. Di zona spiritual self ini, kekuatan kita meningkat sampai 88% dari otak manusia normal. Di zona ini juga, kita dapat menggunakan kekuatan Law of Attraction untuk menarik apapun yang kita inginkan. Namun, basis untuk menggunakan Law of Attraction tersebut adalah feeling good. Dengan demikian, ketika kita selaras dengan frekuensi zona spiritual self ini dan feeling good, hal-hal yang kita inginkan akan terwujud dengan cepat, karena alam semesta akan mewujudkannya untuk kita.

Cara membuat diri kita merasa bahagia dengan kesadaran diri adalah dengan memilih pikiran yang positif sehingga kita akan memancarkan energi positif yang kuat.

Kuncinya, selalu selipkan kata “syukur / terima kasih” dalam setiap kesadaran kita. Ketika bernafas, bersyukurlah atas setiap nafast kita yang merupakan anugerah yang luar biasa karena kita tidak pernah kekurangan oksigen, dan bernafas membuat kita tetap hidup menikmati indahnya dunia ini. Ketika berjalan, bersyukurlah atas setiap langkah kaki kita karena kita mempunyai kaki yang sehat untuk menjelajahi bumi yang indah ini. Ketika kita memegang sesuatu, bersyukurlah karena kita memiliki kedua tangan yang utuh untuk memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Ketika kita berpikir, bersyukurlah dalam setiap pikiran kita, bersyukurlah atas hal-hal yang anda miliki saat ini. Bersyukurlah karena anda dilahirkan sebagai manusia, karena hidup adalah berkah, karena manusia mempunyai kekuatan pikiran yang tidak dimiliki makhluk lainnya. Bersyukurlah atas setiap detik hidup anda.

Ketika anda bersyukur, anda memberikan lebih banyak energi positif kepada spiritual self anda sehingga anda juga otomatis menarik hal-hal yang positif untuk lebih banyak anda syukuri. Pernahkah anda mendengar cerita bahwa setan/iblis itu suka dengan energi negatif, suka dengan kebencian, suka dengan ketakutan, dan sebagainya? Maka dari itu sebaliknya, spiritual self anda yang merupakan makhluk sempurna pada dasarnya menyukai hal-hal positif. Dengan banyak bersyukur, anda memberi makan spiritual self anda. Dengan mengembangkan kesadaran diri, anda terhubung dengannya. Dengan demikian, jika anda dapat bersyukur betapa beruntungnya anda bisa hidup di dunia ini, perasaan anda akan bahagia dengan sendirinya (Ingat, perasaan yang bahagia dan positif akan menarik hal-hal lainnya yang membuat anda bahagia, termasuk kesuksesan).

Jika anda berhasil mengembangkan kesadaran diri, terutama diselipkan perasaan syukur dan nikmat, maka anda sudah memiliki kunci pertama untuk mewujudkan apapun yang anda inginkan, karena kesadaran diri ini adalah salah satu kunci untuk mengaplikasikan law of attraction. Kunci kedua adalah dengan kekuatan ikhlas (the power of letting go). 

Cheers to Good Life!

Leave a Reply

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.