Bagaimana Cara Menemukan Passion di Dalam Diri Kita?

cara menemukan passion

Kita sering mendengar kata passion dalam berbagai quote motivasi untuk sukses seperti “Do your passion“, “Follow your passion“, dan sebagainya. Apa sih Passion itu? Bagaimana cara menemukan passion di dalam diri kita?

Secara singkat, passion itu sesuatu yang kita sukai, yang tidak pernah bosan untuk melakukannya, yang bisa membuat kita lupa waktu ketika melakukannya, yang rela kita lakuin tanpa dibayar. “Do What you Love” adalah mengerjakan hal-hal yang anda cintai, yang tidak lain juga adalah passion anda. Sebagian orang dengan gampang menemukan passion-nya dan langsung fokus pada passionnya. Namun, banyak orang yang tidak tahu apa passionnya, apa yang mereka inginkan dalam hidup, dan pada akhirnya hanya melakukan apa yang ada di depannya, mengawang-awang tentang apa yang akan dilakukannya kemudian. Ditambah lagi, banyak orang yang tidak mengetahui tujuan hidupnya, sehingga hidup hanya untuk menghabiskan waktunya dengan berbagai kesibukan, menjalankan hidupnya sesuai norma-norma yang berlaku pada umumnya, yaitu sekolah, cari uang untuk membiayai hidupnya, menikah, memiliki keturunan, membesarkan keturunan, tua, dan meninggal.

Hidup tanpa passion dan tujuan membuat kita bingung langkah apa yang harus kita ambil selanjutnya dan takut nyesal untuk mengambil langkah selanjutnya. Pada akhirnya diam di comfort zone dan tidak bertumbuh. Setidaknya anda harus mengambil langkah-langkah yang sesuai dengan passion anda atau mengarah ke tujuan hidup anda, maka hidup akan terasa menarik dan menyenangkan. Passion akan memandu anda untuk menemukan tujuan hidup anda.

menemukan passion

Bagaimana Cara Menemukan Passion ?

Passion itu tidak perlu dicari kemana-mana, karena passion muncul dalam diri pribadi masing-masing. Kita hanya perlu mengidentifikasi dari dalam diri kita, karena kebanyakan dari kita bukan tidak tahu apa yang kita inginkan tetapi tidak menyadarinya karena tidak benar-benar memikirkannya.

Berikut tips mudah bagaimana cara menemukan passion di dalam diri kita. Ajukan saja pertanyaan-pertanyaan berikut kepada diri sendiri, identifikasi jawaban-jawaban yang muncul, catatlah terlebih dahulu :

  1. Apa saja hal yang suka kita lakukan jika mempunyai waktu luang?
  2. Apa saja hal yang rela kita lakukan tanpa dibayar?
  3. Apa saja hal yang membuat kita lupa waktu ketika melakukannya?
  4. Apa saja hal yang akan kita lakukan jika uang tidak menjadi masalah bagi anda? (Anggaplah anda mempunyai uang 10 Milyar saat ini)
  5. Apa saja hal yang selalu membuat kita penasaran dan ingin mencari tahu / mempelajarinya lebih dalam?
  6. Apa saja topik-topik yang selalu membuat kita tertarik?
  7. Di bidang apa kita merasa lebih pintar?
  8. Dalam hal apa kita merasa lebih bersemangat dan energinya lebih banyak?

Jawaban-jawaban yang muncul di dalam pikiran kita, yang memenuhi semua kriteria di atas bisa jadi adalah passion atau hobi. Bedanya, hobi mungkin tidak menghasilkan, tetapi passion bisa membuat kita menghasilkan uang. Namun ingat kriteria bahwa passion itu membuat kita rela tidak dibayar, sehingga kita tidak menjadikan uang sebagai alasan utama. Kita akan semakin mengenali passion kita tersebut ketika kita take action dan perhatikan apa perasaan yang muncul ketika kita melakukan hal tersebut. Seperti pertanyaan nomor 8 di atas, apakah hal tersebut membuat kita merasa lebih bersemangat dan berenergi ketika melakukannya ?

Yang uda tahu jawabannya dan bisa mengindentifikasi passionnya boleh deh memulai melakukan sesuatu yang sesuai dengan passion tersebut. Niscaya akan memberikan lebih banyak energi positif ketika melakukannya. Bagaimana jika masih bingung dan tidak tahu apa passion-nya?

Masih Bingung dengan Passion Anda ?

passion adalah

Bagaimana jika kita belum dapat mengidentifikasi jawaban yang muncul dari mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk diri sendiri? I know, I know.. Banyak juga yang pusing ketika ditanya anda sukanya apa? Bahkan di pertanyaan pertama saja, jawabannya ‘tidak tahu, bingung, sukanya makan / tidur’. Suka makan bisa menjadi sumber penghasilan? Bisa saja sih. Lihat saja banyak contoh food blogger yang berhasil kok, yang kerjaannya cuma makan dan me-review makanan tersebut. Terus kalau sukanya tidur? Di luar negeri sana ada loh kerjaan yang dibayar untuk tidur. Jadi orang itu dibayar perusahaaan pembuat kasur untuk tidur dan memberikan masukan apakah tidurnya nyenyak di kasur tersebut, lol. Well, itu kan mungkin cuma satu diantara jutaan orang di dunia yang kerjanya dibayar untuk tidur. Okay, jadi balik ke cara menemukan jawabannya kalau pertanyaan nomor satu saja sudah bingung.

Kalau anda tidak tahu apa yang suka anda lakukan pada waktu luang, terus anda kalau lagi free time gitu ngapain aja biasanya? Mungkin maksudnya anda tidak tahu hal-hal produktif apa yang bisa anda lakukan, karena free time anda kebanyakan diisi dengan hal-hal non produktif seperti tidur, ngopi, main games, scrolling timelines di sosmed, hanging out, bergosip, dan sebagainya. Well, untuk pertanyaan pertama itu tidak perlu dibagi dulu yang produktif atau tidak, intinya catat dulu semua yang muncul di pikiran anda. Ibarat brainstorming gitu.

Okay mungkin pertanyaan pertama sudah bisa dijawab, tetapi lanjut ke pertanyaan-pertanyaan berikutnya sampai terakhirnya bingung juga, pada akhirnya masih tidak tahu apa passionnya, apalagi passion yang menghasilkan. Bahkan mungkin ada orang yang menjawab “tidur” untuk pertanyaan nomor 1 sampai 4 dan tidak tahu lagi untuk jawaban nomor 5 ke atas, OMG! Lol!

Walaupun jawabannya bukan ‘tidur’, mungkin saja anda belum mendapatkan inspirasi karena selama ini juga tidak menyadari apa saja yang bisa anda lakukan. Pikiran anda masih stuckĀ karena anda memiliki banyak kekhawatiran, kecemasan, kegalauan yang bercampur di dalam pikiran anda, sehingga menghalangi inspirasi datang kepada anda. Perasaan-perasaan cemas, galau, khawatir, takut, dan sebagainya ibarat bebatuan yang menghalangi inspirasi yang sedang jalan menuju anda. Semakin anda sedang cemas, bebatuannya semakin besar. Jadi hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyingkirkan batu-batu tersebut sehingga jalanannya menjadi lebih lancar. Jernihkan pikiran anda tersebut. Jika anda belum bisa mendapatkan inspirasi passion anda sekarang, ya uda, tidak usah cemaskan dulu. Anda tetap set intention untuk menemukan passion anda cuma tidak perlu khawatir dalam memikirkannya. Anda harus menetralkan segala perasaan negatif dalam diri anda terlebih dahulu yang menjadi penghalang bagi setiap inspirasi.

Caranya adalah dengan menjadi positif. Ketika energi anda semakin positif, maka energi yang negatif akan semakin mengecil. Energi yang lebih positif tersebut ibarat jalan tol yang memudahkan inspirasi untuk datang kepada anda. Semakin positif, semakin mulus jalannya. Buanglah segala kegalauan akan langkah-langkah apa yang akan anda ambil selanjutnya, jalani hidup dengan perasaan yang positif, inspirasi akan datang kepada anda. Anda hanya perlu menyadarinya. Anda harus sepenuhnya hadir pada saat ini (be present) untuk mengenali tanda-tanda atau inspirasi yang datang kepada anda. Ketika anda sibuk memikirkan masa depan ataupun masa lalu, anda malahan akan melewatkan inspirasi yang datang.

Cheers to Good Life!

Baca juga :

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.