Bagaimana Cara Menyebarkan Kebaikan dan Meningkatkan Energi Positif

menyebarkan kebaikan dan meningkatkan energi

Jadilah pribadi yang positif, sebarkanlah lebih banyak hal-hal positif, maka hidup anda akan semakin positif. Bagaimana caranya menjadi pribadi yang positif? Apa saja hal-hal positif yang bisa disebarkan? Bagaimana meningkatkan energi positif diri kita sendiri?

Setiap hari anda bertemu dengan banyak orang, namun anda akan dapat membedakan mana orang yang berkharisma, mana orang yang dapat membuat anda merasa nyaman atau tidak nyaman, mana orang yang terkesan sangat penutup, atau mana orang yang membuat energi anda terkuras. Mengapa seseorang sepertinya sangat berkharisma atau sangat disukai banyak orang, sedangkan orang lainnya sepertinya sangat tidak populer atau bahkan anda sendiri tidak mengerti mengapa anda tidak nyaman berada di dekatnya.

Energi apapun yang anda pancarkan keluar adalah refleksi dari internal diri anda. Ketika diri anda (pikiran, perasaan, dan jiwa) positif, maka otomatis energi yang anda pancarkan keluar juga positif. Energi ini bisa juga disebut aura. Orang yang pikirannya penuh kebencian akan otomatis memancarkan aura yang gelap. Orang yang penuh cinta kasih otomatis akan memancarkan aura yang terang, karena cinta adalah energi positif yang kuat.

positive vibes

Bagaimana Cara Menyebarkan Kebaikan dan Meningkatkan Energi Positif

Pada dasarnya, kita dapat menyebarkan hal-hal positif dengan berbagai cara, baik melalui pikiran, ucapan, maupun tindakan. Dengan kita melatih diri untuk selalu menyebarkan kebaikan atau hal-hal positif, maka energi kita sendiri pun otomatis akan menjadi lebih positif. Ingatlah bahwa energi positif akan menarik hal-hal positif yang sefrekuensi sehingga hidup anda otomatis akan menjadi lebih positif, dimana anda akan membuka pintu rezeki.

Menyebarkan Kebaikan melalui Pikiran

Apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi fisiologis tubuh kita. Anda tidak akan bisa tersenyum jika sedang memikirkan hal-hal negatif. Kalaupun anda bisa tersenyum, maka senyuman itu akan kelihatan senyum paksa yang berbeda dengan senyuman natural.

Senyuman natural adalah hal positif gratis yang akan memberikan impact positif pada orang yang anda senyumin. Mungkin saja orang tersebut sedang mengalami beberapa kejadian yang membuat suasana hatinya tidak enak di paginya, misalnya dimarahin bos. Bertemu dengan anda yang tersenyum dengannya dengan tulus mungkin saja merupakan senyuman pertama yang diterimanya hari itu dan membuat suasana hatinya lebih lega.

Perasaan positif akan melahirkan pikiran positif. Pikiran positif yang disertai perasaan positif tersebut membuat fisiologis tubuh anda berbeda karena anda sedang memancarkan energi yang positif. Anda mungkin akan lebih riang, lebih ramah, lebih antusias, lebih terbuka ketika energi anda sedang positif. Hal ini tentunya akan mempengaruhi lingkungan anda.

Bandingkan saja jika anda sedang memiliki pikiran negatif. Misalnya anda barusan pindah kerja. Anda memiliki pikiran negatif dan rasa tidak nyaman datang ke kantor baru yang orang-orangnya belum anda kenal. Anda berpikir, ‘apakah mereka akan menyukai saya. Bagaimana jika mereka tidak menyukai saya. Apakah saya bisa betah nantinya.‘ Dengan pemikiran seperti itu, fisiologi tubuh anda akan berbeda. Anda mungkin akan kelihatan tidak nyaman, menjadi lebih tertutup, susah tersenyum karena sedang gelisah. Anda juga tidak nyaman untuk memulai pembicaraan dengan orang-orang di kantor baru anda karena kegelisahan yang mengganjal tersebut, ketakutan bahwa anda akan dicuekin. Terakhir, anda sibuk sendiri dengan pekerjaan dan hanya bermain HP pada jam istirahat. Ini membuat orang-orang malahan berpikir anda anti sosial dan tidak ramah sehingga mereka pun tidak merespon anda. Dampaknya, anda mulai berpikir, ‘Tuh, benar kan saya dicuekin. Apakah mereka tidak menyukai saya.’ Sebenarnya, anda sedang memancarkan energi yang negatif.

Anda dapat menyebarkan kebaikan melalui pikiran dengan menyebarkan pikiran yang penuh cinta, tulus, dan ikhlas kepada siapapun, kapan pun, dan dimana pun anda berada. Dengan fokus pada cinta kasih, ketulusan, dan keikhlasan, maka aura anda akan berbeda dengan orang yang pikirannya dipenuhi kebencian, kegelisahan, ketakutan, dan amarah.

Jika anda sedang berjalan-jalan ke mall dan melihat sebuah jam tangan mahal yang anda sukai tetapi belum bisa anda beli karena harganya jauh di atas budget anda, anda mempunyai 2 pilihan di pikiran anda. Pilihan pertama, anda dapat memancarkan cinta pada jam tangan tersebut dan mengikhlaskannya, ‘Wah saya menyukai jam tangan ini. I love it.’ Pilihan kedua, anda menjadi gelisah karena tidak dapat membelinya dan fokus pada pikiran yang negatif,  ‘Saya sedih karena tidak bisa membelinya. Enak ya kalau punya uang banyak, apapun bisa dibeli.’ Pikiran pertama mungkin akan dilanjutkan dengan, ‘Bagaimana saya bisa memilikinya ya‘, tetapi dengan perasaan cinta dan mengikhlaskan kondisi saat ini. Sedangkan pikiran kedua akan membawa anda berpikir, ‘Mengapa saya tidak memiliki banyak uang.’ Terlihat kan perbedaannya?

Dengan pikiran yang positif dan penuh cinta, anda juga akan terbiasa mendoakan orang lain untuk hal-hal yang positif. Misalnya seseorang baru memulai bisnis baru, maka dengan pikiran yang positif, anda akan tulus mendoakan semoga bisnis barunya lancar. Sedangkan dengan pikiran negatif, anda mungkin akan berpikir, ‘ahh, si dia bisa mulai bisnis karena uang orang tuanya,’ atau ‘Bisnis sekarang susah lah, kita lihat saja dia bisa bertahan sampai kapan.’ Memancarkan energi negatif akan menarik kembali energi sejenis ke diri anda. Jadi, berhati-hatilah dengan apa yang anda pikir dan rasakan.

Menyebarkan Kebaikan melalui Ucapan

Coba bandingkan jika anda bertemu dengan 2 tipe orang berikut :

Orang pertama ini selalu mengeluarkan bermacam-macam kata-kata hewan dari mulutnya. Selain itu, anda sering mendengarnya berkata, “zaman sekarang susah lah nyari uang” atau “kenapa ya ada orang yang kaya begitu. Kok saya tidak kaya-kaya ya, memang hidup ini tidak adil.”

Sedangkan orang kedua, tidak pernah berbicara kasar. Anda akan lebih sering mendengarnya berkata, “Thanks God“, “Wah, si dia hebat ya“, “Si A baik banget loh“, dan sebagainya. Kata-kata yang keluar darinya lebih banyak positif.

Jika anda mencari seseorang yang bisa anda percayai untuk menjadi partner bisnis anda, maka orang mana yang akan lebih anda pertimbangkan?

Dengan menyebarkan kebaikan melalui ucapan, anda bukan saja menjadi cahaya bagi orang tersebut, namun juga memperbesar cahaya anda sendiri. Dengan semakin banyak kata-kata baik dan positif yang anda ucapkan, maka energi anda akan lebih positif, yang tentunya menarik lebih banyak hal positif. Hasilnya, orang-orang pun akan lebih menyukai anda. Coba bandingkan, “Selamat ya, semoga bisnis kamu lancar dan saya yakin kamu akan sukses” vs “Selamat ya, tapi jangan lupa bisnis sekarang susah loh, kamu yakin bisa bersaing?” Kira-kira apa dampaknya perbedaan kedua ucapan tersebut kepada teman anda yang baru memulai bisnis?

Contoh lainnya, ada teman anda mungkin sedang galau untuk mengikuti seleksi beasiswa keluar negeri. Anda bisa memilih untuk menyemangatinya, “Kamu pasti bisa lah, saya saja yakin pada kemampuanmu, masa kamu ngak? Semangat bro, kamu kan smart.” Pilihan keduanya, “Kayaknya bakal susah deh persaingan beasiswanya, lagian pasti banyak yang lebih pintar dari kamu.” Kalau anda jadi orang yang akan mengikuti seleksi tersebut, kata-kata mana yang lebih ingin anda dengarkan?

Pujian juga merupakan salah satu cara menebarkan kebaikan melalui ucapan. Berikanlah pujian kepada setiap orang yang memang layak untuk dipuji, tentunya dengan tulus. Semua orang menyukai pujian. Kadang-kadang sebuah pujian dapat menjadikan seluruh hari seseorang menjadi cerah.

“A compliment is verbal sunshine”

Anda dapat memberikan pujian sederhana ketika teman anda berpakaian cantik hari ini, ketika bawahan anda mengerjakan tugasnya dengan baik, ketika teman anda baru mencapai target penjualannya, ketika pasangan anda berbuat baik, dan sebagainya.

Bagaimana dengan kritikan? Kritikan yang baik adalah kritikan yang membangun. Pada dasarnya, orang tidak suka dikritik. Oleh karena itu, ketika hendak memberikan masukan yang membangun, pilihlah kata-kata yang tepat, yang tidak seperti kritikan tetapi lebih ke masukan. Dengan demikian, anda tidak akan merusak hari orang yang tidak suka dikritik tersebut dengan kritikan yang kasar dan menusuk. Loh, bukannya kritik itu bagus? Well, kita kan mau menebar kebaikan melalui ucapan yang positif, jadi sebaiknya jangan merusak hari orang karena tidak semua orang menyukai kritikan, tetapi berikan masukan dengan pilihan kata yang lebih tepat.

“Words can Inpire. Words can Destroy. Choose Yours Well.” – Robin Sharma

Menyebarkan Kebaikan melalui Tindakan

Contoh yang paling nyata dari menyebarkan kebaikan tentunya adalah dengan tindakan. Anda dapat melakukan donasi, membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan, atau as simple as memungut sampah di jalanan dan membuangnya di tempat seharusnya.

Melakukan sebuah tindakan kecil yang menyenangkan orang lain juga termasuk menyebarkan kebaikan. Intinya, tindakan yang anda lakukan memberikan dampak positif terhadap orang lain, baik secara mental maupun fisik. Anda juga telah menyebarkan kebaikan melalui tindakan ketika perasaan orang lain menjadi lebih baik karena anda. Contohnya, anda tiba-tiba mengunjungi teman anda yang sedang hectic dalam pekerjaannya dan memberikan kue kesukannya. Mungkin saja itu adalah kue paling enak yang dimakannya hari itu dan anda bisa bayangkan mood-nya akan menjadi jauh lebih baik karena bukan hanya memakan kue favoritnya namun juga menerima pemberian seorang teman yang care dan tulus.

Bagaimana perasaan anda ketika anda membantu orang lain? Mungkin anda dapat melatih diri untuk sering memberikan sedekah, menyumbang untuk panti asuhan, melakukan baksos, atau hanya dengan mengajarkan hal-hal yang anda kuasai kepada teman-teman yang membuthkan bantuan anda. Sekecil apapun kebaikan yang anda berikan, perasaan anda akan menjadi jauh lebih baik karena anda telah menebarkan hal yang baik dan energi positif anda meningkat. Dengan demikian, anda akan kembali menarik hal-hal positif lainnya ke diri anda sendiri.

Be the Reason Someone Smiles Today

Sekecil apapun kebaikan yang anda tebarkan (baik dari pikiran, ucapan, maupun tindakan), anda ibarat menyemprotkan parfum yang mengharumkan seluruh isi ruangan. Energi positif yang terpancar dari diri anda akan membawa dampak-dampak positif bagi orang lain, walaupun mungkin tidak kelihatan.

positive energy quotes

Jadilah alasan bagi seseorang untuk tersenyum hari ini. Anda akan menarik kembali lebih banyak energi positif yang mencerahkan hari-hari anda sendiri.

Cheers to Good Life!

 

Baca juga :

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.