Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom? 5 Tingkat Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Semakin besar gaji anda, tanpa pengelolaan keuangan yang benar, maka semakin jauh jalan anda untuk mencapai Financial Freedom, kok bisa?

So guys, mungkin saat ini anda sering mendengar yang namanya financial freedom, tapi apa sih itu sebenarnya? Kalau diterjemahkan langsung sih artinya kebebasan keuangan, tetapi kebebasan yang bagaimana? Saya pernah ngobrol santai dengan seorang teman soal financial freedom, yang kebetulan dia nya bekerja di sebuah perusahaan besar . Katanya dia saat ini uda financial freedom kok, mau beli apa yang diinginkan bisa, mau makan enak juga bisa,hmm.. benarkah?

Ternyata tidak sedikit orang yang masih menganggap financial freedom itu adalah kondisi dimana kita bebas menggunakan uang kita untuk membeli apa pun yang kita inginkan dari penghasilan kita, dimana mungkin dengan gaji yang besar dan cukup untuk untuk membiayai lifestyle yang mereka inginkan maka berarti sudah mencapai financial freedom. Wait, itu malahan menjadi jebakan besar anda untuk mencapai Financial Freedom sesungguhnya.

Gaji besar -> Lifestyle meningkat -> pengeluaran besar -> makin susah untuk mencapai financial freedom

Financial Freedom adalah kondisi dimana kita dapat bebas menggunakan uang kita untuk mencukupi semua lifestyle yang kita inginkan, semua impian kita, dengan yang namanya PENDAPATAN PASIF. Ini adalah kondisi dimana uang bekerja untuk kita walaupun kita sedang tidur atau berlibur. Dengan pendapatan pasif, anda tidak perlu menukarkan waktu anda yang berharga untuk uang. Maksudnya, jika anda berhenti bekerja sekarang pun, anda tetap dapat hidup bebas sesuai lifestyle anda dengan pendapatan pasif anda.

Bagaimana mencapai financial freedom

Baiklah, sebelum muluk-muluk mencapai yang namanya Financial Freedom Absolut, berikut ada 4 tingkatan / posisi keuangan yang harus kita capai dulu sebelum akhirnya mencapai tingkatan kebebasan total tersebut :

#1 Financial Security

Anda mencapai level Financial Security ini jika passive income anda dapat mencukupi semua kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap bulan, seperti makan, biaya rumah (cicilan, air, listrik, telepon), membeli kebutuhan rumah tangga, dan segala kewajiban-kewajiban pokok yang harus dibayar setiap bulannya. Ini tidak termasuk membeli pakaian baru, hang out, dan sebagainya. Jadi di level ini, setidaknya kita dapat hidup nyaman tanpa beban atau takut dengan risiko jika suatu hari tidak ada income lagi karena semua kebutuhan pokok kita telah terpenuhi oleh passive income anda.

Untuk mencapai financial security, hitunglah dulu total kebutuhan pokok seperti yang disebutkan di atas. Misalnya, Ada 1 keluarga menghabiskan total biaya pokok sbb :
Rp 3 juta sebulan untuk makan secukupnya ;
Rp 1 juta untuk total biaya air,listrik, dan telepon ;
Rp 500 ribu untuk membeli kebutuhan-kebutuhan rumah tangga ;
Rp 1.5 juta untuk asuransi ;
Rp 500 ribu untuk transportasi ;
Rp 2.5 juta untuk cicilan KPR rumah tempat tinggal ;
maka berarti total kebutuhan pokok keluarga itu dalam sebulan adalah Rp 9 juta. Fokus untuk mencapai level ini adalah bagaimana menghasilkan pendapatan pasif sebesar Rp 9 juta per bulan?

Anda dapat memperoleh pendapatan pasif dari membangun aset. Salah satu sumber penghasilan pasif yang paling dikenal dengan risiko paling minimal adalah dari bunga deposito. Jika biaya pokok bulanan seperti contoh di atas adalah Rp 9 juta, maka setahun berarti Rp 108 juta. Jika bunga deposito saat ini adalah 5% (setelah pajak menjadi 4), maka anda membutuhkan nilai pokok investasi sebesar Rp 2.7 Milyar (Rp 108 juta / 4%). Jika saat ini anda mempunyai uang sebesar Rp 2.7 Milyar, maka dengan didepositokan, anda sudah mencapai yang namanya Financial Security. 

Bagaimana jika belum ada uang sebanyak itu? Anda dapat mencari instrumen aset yang memberikan penghasilan pasif dengan imbal hasil yang lebih tinggi, misalnya di pasar obligasi, reksa dana, pasar modal, real estate, bisnis orang lain, dan sebagainya yang memberikan return yang lebih tinggi. Alternatif lainnya untuk mencapai level ini yaitu dengan menabung sampai terkumpulnya nilai pokok yang diperlukan atau meningkatkan penghasilan anda dulu sampai terbangunnya aset untuk memasok penghasilan pasif anda

#2 Financial Vitality

Level selanjutnya adalah Financial Vitality. Di level ini, selain kebutuhan pokok yang sudah terpenuhi, anda dapat memasukkan sebagian kesenangan dan gaya hidup anda. Totalkan seluruh pengeluaran untuk kesenangan dan gaya hidup anda baik untuk berbelanja, hiburan, makan enak, jalan-jalan, ngopi, dan segala sesuatu yang biasanya anda lakukan dengan penghasilan anda saat ini, lalu dibagi 2. Jadi, di level ini, penghasilan pasif anda sudah dapat memenuhi semua kebutuhan pokok ditambah sebagian gaya hidup untuk hobi dan bersenang-senang.

Katakanlah saat ini anda menghabiskan tambahan :
Rp 2 juta/bulan untuk lebih menikmati waktu keluarga seperti berlibur dan makan enak ;
Rp 2 juta sebulan untuk hang out dan ngopi bareng teman-teman ; serta
Rp 3 juta per bulan untuk belanja barang-barang yang diinginkan.
Maka untuk mencapai level Financial Vitality, anda membutuhkan Rp 9 juta (biaya kebutuhan pokok) + Rp 3.5 juta (setengah dari total pengeluaran lainnya) = Rp 12.5 juta / bulan untuk mencukupi sebagian gaya hidup anda.

Artinya, meskipun anda tidak bekerja / penghasilan aktif anda tiba-tiba berhenti, anda tetap mempunyai uang yang cukup untuk memenuhi semua biaya hidup pokok dan sedikit untuk kebutuhan sekunder dan bersenang-senang. Bayangkan betapa menyenangkannya level, dimana anda dapat bekerja paruh waktu dengan seluruh kebutuhan hidup pokok sudah terpenuhi ditambah sebagian pengeluaran untuk menikmati hidup anda?

#3 Financial Independence

Selamat, anda sudah mencapai level yang lebih menyenangkan lagi. Jika di level Financial Vitality anda hanya bisa sedikit bersenang-senang dengan penghasilan pasif anda, maka di level ini, anda dapat aman menikmati hidup anda seperti saat anda mempunyai gaji yang besar. Ya, anda dikatakan mencapai tingkatan Financial Independence jika penghasilan pasif anda dapat memenuhi semua kebutuhan anda baik biaya hidup pokok, biaya hidup sekunder, maupun biaya untuk bersenang-senang. Anda tidak lagi bergantung pada pekerjaan harian anda untuk dapat menikmati hidup sebagaimana anda saat ini. Anda bukanlah lagi budak uang.

Untuk mendapatkan angka di posisi financial independence, tambahkan saja total pengeluaran pokok dan semua pengeluaran yang biasanya anda lakukan tanpa menabung. Katakanlah seperti contoh di atas, dimana biaya hidup pokok adalah Rp 9 juta, pengeluaran tambahan untuk hidup makmur adalah Rp 7 juta (seperti contoh di atas), serta pengeluaran-pengeluaran lainnya untuk peningkatan gaya hidup yang diinginkan (seperti cicilan mobil baru, pengeluaran untuk hobi, dan sebagainya) adalah Rp 6 juta, maka untuk mencapai level financial independence ini, anda memerlukan penghasilan pasif (uang bekerja untuk anda tanpa perlu kehadiran anda secara langsung) sebesar Rp 22 juta.

#4 Financial Freedom

Akhirnya setelah ketiga tingkat di atas tercapai, anda pasti ingin naik lagi ke level Financial Freedom, yaitu kondisi dimana anda bebas menggunakan penghasilan pasif anda untuk apa pun yang anda inginkan. Di sini biasanya kebutuhan tersiernya juga sudah besar (level financial freedom setiap orang tentu berbeda sesuai dengan gaya hidupnya). Anda bisa dikatakan telah mencapai level ini jika anda tidak lagi perlu berhemat atau hitung-hitungan ketika anda ingin belanja atau melakukan apapun.

Cara mudahnya adalah kalikan 3 saja angka dari level Financial Independence anda. Jika pada contoh di atas adalah Rp 22 juta, maka level financial freedom anda adalah Rp 66 juta sebulan atau Rp 792 juta setahun dari penghasilan pasif. Jadi di level ini, anda sudah dapat menikmati hidup sebagaimana yang anda inginkan dan memiliki banyak waktu untuk melakukannya karena penghasilan anda tidak lagi terikat dengan waktu yang anda curahkan. Anda dapat melakukan hal-hal yang memang anda sukai karena semua kebutuhan yang anda inginkan sudah otomatis terpenuhi. Siapa sih yang tidak ingin berada di posisi ini?

#5 Absolute Financial Freedom

Dapatkah anda membayangkan bagaimana rasanya jika anda dapat melakukan apapun yang anda inginkan kapanpun itu? Atau bagaimana rasanya jika seluruh anggota keluarga anda dapat memiliki apapun yang mereka inginkan? Atau mungkin anda dapat membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan di luar sana, menjadi dermawan dan melakukan amal sebanyak yang anda inginkan?

Pada level ini, batasan dari apa yang anda inginkan dan seberapa besar dikatakan cukup hanyalah dibatasi oleh impian anda yang paling liar. Mungkin 100 juta, 500 juta, atau 1 Milyar per bulan dari penghasilan pasif anda?

Sekarang anda sudah mengetahui kelima tingkatan / skala keuangan kebebasan finansial. Apakah anda ingin mencapai financial freedom? Saatnya anda memutuskan level mana yang ingin anda capai dan mempelajari cara untuk mencapainya.

Please follow and like us:
error

2 thoughts on “Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom? 5 Tingkat Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

  • September 26, 2019 at 5:17 pm
    Permalink

    My brother recommended I might like this website. He was entirely right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this information! Thanks!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.