Apa Pekerjaan yang Dijamin Sukses?

‘Yah, uda senin lagi dhee, ngantor lagi deh‘ ; ‘Kok sabtu minggu pendek banget ya waktunya, sedangkan senin sampai jumat panjang banget’. Keluhan seperti ini mungkin sering muncul dalam pikiran para pekerja pada Minggu malam menjelang tidur atau senin paginya.  Ironisnya, bekerja sampai lembur, stress, tidak menyukai pekerjaannya tetapi harus tetap bekerja, hanya untuk gaji akhir bulan yang habis bulan depannya sehingga harus tetap bertahan di pekerjaan tersebut terus menerus walaupun tertekan batinnya. Sedihnya lagi, dengan tetap bekerja keras walaupun dengan batin yang kurang bahagia tetapi masih belum sukses-sukses sehingga seumur hidupnya di posisi yang sama untuk bertahan hidup. Ada gak sih pekerjaan yang nyaman, enak, tidak stress, tetapi menghasilkan banyak uang? Ada gak pekerjaan yang dijamin sukses dan kita juga dapat menikmati prosesnya, sehingga batin juga plong?

mencari pekerjaan yang sukses

Suatu Sabtu pagi, merasa sedikit kesal, alhasil saya membuat survey kecil di instagram. Isinya kira-kira “bagaimana rasanya ketika baru bangun tidur pada weekend pagi dan HP dipenuhi belasan chat dari bos tentang pekerjaan?“, “It’s Ok / Bye“? Ternyata, 80% orang menjawab ‘bye‘. Saya langsung sedikit terhibur bahwa ternyata bukan saya saja yang kesal ketika weekend masih harus memikirkan pekerjaan, Lol. Namun, setelah saya telusuri lebih lanjut, 20% orang yang menjawab it’s ok adalah orang yang mencintai pekerjaannya. Saya juga menyadari bahwa saya sendiri sebenarnya adalah tipe yang cukup workaholic, tetapi ketika mengerjakan sesuatu yang memang saya sukai. Saya bisa mengerjakan konten blog seharian di sabtu dan minggu, tidak merasa terbebani sama sekali jika harus menghabiskan hari libur hanya untuk bekerja mengisi website.

Ingin tahu rahasia pekerjaan yang dijamin sukses?

Ternyata guys, mayoritas dari 20% orang yang menjawab it’s ok tersebut juga merupakan orang yang sukses di bidangnya masing-masing. Maksudnya sih bukan harus terus menerus memikirkan pekerjaan kita walaupun libur. Jika kita menganggap suatu pekerjaan adalah beban, maka kita susah untuk sukses di pekerjaan tersebut. Kita akan kurang antusias untuk belajar lebih banyak, tidak fokus, kurang pro aktif, dan akhirnya kurang produktif. Apalagi jika tujuan kita bekerja tersebut hanya untuk uang, maka kita akan seperti robot yang bekerja pagi sampai malam setiap hari tanpa perasaan yang nyaman / enak.

Bandingkan dengan orang yang mencintai pekerjaannya, yang mengerjakan passion-nya. Tidak ada kosakata kerja karena bekerja itu seperti bermain / melakukan hobi, tidak seperti bekerja. Kita akan lebih antusias, lebih semangat, lebih fokus, lebih aktif, dan alhasil lebih produktif. Perasaan kita juga lebih enak karena sedang melakukan hal-hal yang memang kita sukai. Keadaan seperti ini akan sangat powerful. Kita tidak lagi bekerja hanya untuk uang. Kita bekerja untuk tujuan yang lebih mulia, yang prosesnya juga kita nikmati dengan perasaan enak (feel good). Kita lebih mudah mengembangkan diri kita untuk belajar terus menerus pada hal-hal yang kita sukai tersebut. Secara otomatis, kita juga lebih tekun karena kita tidak merasa terbebani. Hasilnya, kita lebih mudah menarik hal-hal positif secara otomatis, karena didorong oleh 2 faktor penting : positive attitude (semangat, terus belajar dan mengembangkan diri) dan perasaan enak yang menghasilkan frekuensi positif.

Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan yang dijamin sukses adalah mengerjakan pekerjaan yang kita cintai. Ketika kita mengerjakan passion kita, kita akan mempunyai energi yang lebih besar untuk menarik kesuksesan tersebut. Ada 2 faktor untuk menjadi excellent di pekerjaan kita : 

  1. Kita enjoy / menikmati pekerjaan kita
  2. Kita menguasai pekerjaan kita

Tanpa kedua hal tersebut, kita akan susah untuk menjadi excellent apalagi the best di pekerjaan kita. Hal dasar yang diperlukan adalah menikmati pekerjaan kita terlebih dahulu, karena jika kita menikmatinya, kita akan lebih semangat untuk menguasai pekerjaan kita. Alhasil setelah dikuasai, kita tinggal mengembangkannya untuk menghasilkan pekerjaan yang berkualitas dan kemudian menjadi yang terbaik. Bagaimana kalau kita menguasai pekerjaan kita tetapi tidak menikmatinya? Kita akan kesulitan untuk berkembang. Jika kita menguasainya tetapi tidak menikmati pekerjaan kita, maka kemungkinan besar hanya akan jalan di tempat.

Bagaimana jika kita tidak menikmati dan tidak menguasai pekerjaan kita?

Sebagian orang mungkin lebih cepat belajar. Tetapi tanpa enjoy, kita cenderung belajar seadanya, dan hasilnya juga seadanya saja padahal orang yang lebih cepat belajar tersebut mempunyai potensi untuk menjadi excellent di tempat kerjanya lebih cepat. Namun, karena tidak menikmati pekerjaannya, dirinya bisa saja kurang begitu semangat untuk belajar dan hasilnya juga guess what? Tanpa enjoy akan mengarahkan pekerjaan tersebut menjadi beban.

Formula untuk sukses di pekerjaan apapun :

  • Passion -> Enjoy (Feel Good)
  • Passion + Enjoy (Feel Good) -> Attitude positif (mempunyai misi visi, lebih semangat, lebih banyak belajar, lebih tekun)
  • Passion + Enjoy + Attitude positif -> Menguasai Pekerjaan (Mastery)
  • Passion + Enjoy + Attitude positif + Mastery = Sukses (Excellent)

Jadi faktor penting untuk pekerjaan yang pasti sukses adalah ketika anda mengerjakannya dengan 4 rumus di atas. Formula di atas mencakup mindset yang benar, attitude yang benar, dan skill yang bisa dipelajari dengan antusias.

Right Mindset + Right Attitude + Right Skill = Success

Terlepas dari pekerjaan apapun, di bidang apapun, asalkan dilakukan dengan formula di atas, maka akan cenderung menarik kesuksesan dengan sendirinya.

Bagaimana dengan orang yang merasa terbebani dengan pekerjaannya?

Orang yang merasa terbebani otomatis tidak akan enjoy dengan pekerjaannya. Padahal passion dan enjoy adalah fondasi dasar untuk sukses di pekerjaannya. Bisakah orang tanpa passion tetapi sukses? Bisa saja kalau dirinya mempunyai komitmen diri yang sangat besar, namun akan  lebih mudah untuk sukses yang diawali dengan passion dan enjoy.

pekerjaan yang dijamin sukses

“Do what you love or love what you do.” Jika anda tidak mencintai pekerjaan anda saat ini dan merasa terbebani, carilah pekerjaan yang memang anda cintai, kecuali anda bisa belajar mencintai pekerjaan anda. Jika tidak, maka hasilnya hanya akan jalan di tempat saja.

Jadi harus pindah kerja kah? Jika anda sudah menemukan dan mantap dengan passion anda tersebut, akan lebih baik untuk bekerja dimana diri kita bisa berkembang dan kita bisa menikmati prosesnya.

Bagaimana cara menemukan passion kita?

  1. Pergilah ke toko buku. Baca sebanyak mungkin yang anda bisa. Anda akan menemukan topik / hal yang paling menarik minat anda.
  2. Anda rela mengerjakan sesuatu yang tanpa bayaran dan tanpa merasa terbebani
  3. Anda sering sampai lupa waktu ketika sedang mengerjakan sesuatu hal tersebut

Bagaimana jika kita merasa terlalu berisiko untuk mengerjakan passion kita seperti pindah kerja / memulai bisnis sendiri?

Pada dasarnya, kita harus keluar dari zona nyaman untuk bertumbuh. Keluar dari zona nyaman ini mungkin akan terasa berisiko pada awalnya. Tetapi tujuan kita adalah untuk memperbesar zona nyaman kita. Kabar baiknya, kita dapat selalu balik ke zona nyaman awal ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Lagipula, bukan berarti tidak berisiko untuk tetap stay di zona anda saat ini, karena bisa jadi seseorang yang memiliki passion di posisi anda saat ini bisa menggeser posisi anda yang terlihat terbebani atau kurang produktif. Risiko / tidak bisa / tidak berani, dan sebagainya adalah mindset yang salah. Anda mungkin hanya melihat risiko dan lupa melihat peluang, karena pikiran bawah sadar anda sudah terbiasa dengan program yang negatif.

Namun, pilihan apapun yang diambil, sebaiknya jangan sampai menyusahkan orang lain. Jika kita mempunyai keluarga dengan segala kebutuhannya yang merupakan tanggung jawab kita, kita perlu memikirkan juga jangan sampai mereka kesusahan akibat pilihan yang kita ambil. Kita dapat tetap mempunyai tujuan untuk mengerjakan passion kita, tetapi dengan cara alternatif. Misalnya, kita bisa saja memulai terlebih dahulu di sela-sela waktu yang ada sambil mengembangkan skill kita.

do your passion

Jadi, pada dasarnya pekerjaan yang dijamin sukses dimulai dengan mengerjakan perkerjaan yang sesuai dengan passion kita, baik bekerja dengan orang lain ataupun bekerja untuk diri sendiri (usaha sendiri / bisnis). Dengan mengerjakan passion kita, maka kita sudah selangkah lebih mudah untuk sukses, karena sudah mempunyai fondasi dasar untuk kemudian melahirkan attitude dan mindset yang positif. Pengembangannya juga akan jauh lebih mudah, terutama ketika kita mempunyai misi visi. Selain itu, dengan interest di bidang tersebut, kita akan lebih mudah menyerap skill yang dibutuhkan di pekerjaan  / bisnis tersebut.

Cheers to Good Life!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.