Apa Manfaat dari Meditasi ?

Akhir-akhir ini, meditasi semakin dikenal luas oleh masyarakat dengan beragam manfaatnya. Salah satu manfaat yang paling umum dikenal adalah untuk menenangkan pikiran. Namun, masih banyak salah mengartikan apa saja manfaat dari meditasi selain menenangkan pikiran atau melatih fokus.

Akhir-akhir ini juga banyak orang berkata bahwa meditasi bagus untuk kesehatan. Salah satu kerabat keluarga saya yang kebetulan pernah mengidap tumor disarankan untuk bermeditasi. Adapun anggota keluarga lainnya menjelaskan bagaimana meditasi bagus untuk peredaran darah dalam tubuh.

Manfaat Meditasi

Meditasi sebenarnya memiliki beragam manfaat dari berbagai aspek, baik dari aspek kesehatan, emosional, dan spiritual, yang pada akhirnya juga mendukung kinerja / aktivitas keseharian kita.

Dari segi kesehatan, manfaat meditasi antara lain :

  • Meningkatkan energi dalam tubuh
  • Meningkatkan sistem pernafasan dan sistem peredaran darah
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Mengurangi stress dan depresi
  • Meningkatkan daya ingat dan fokus

Dari segi emosional, keuntungan meditasi yaitu :

  • Mengurangi emosi negatif seperti kekhawatiran, ketakutan, kemarahan dengan menetralkan emosi-emosi negatif tersebut.
  • Meningkatkan kepercayaan diri, karena meningkatkan kesadaran akan penerimaan diri (Self acceptance) dan kecintaan pada diri sendiri (self love) dalam arti yang positif.
  • Meningkatkan mood dan perasaan positif.
  • Meningkatkan EQ.

Begitu juga dengan banyaknya manfaat spiritual dari meditasi. Sebenarnya, antara ketiga aspek tersebut saling keterkaitan dan dapat dijelaskan secara ilmiah mengapa pada akhirnya meditasi bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai manusia, semua diri kita saling terkait secara timbal balik. Emosi positif akan menghasilkan energi positif. Begitu juga sebaliknya, peningkatan energi positif akan menghasilkan perasaan yang positif pula. Ketika energi kita meningkat, maka imunitas tubuh juga akan meningkat. Demikian pula ketika kita menjaga kesehatan kita secara baik, maka energi kita akan meningkat.

Meditasi pada dasarnya adalah melatih perhatian kita sehingga memiliki perhatian yang benar. Dengan perhatian benar, kita akan memperhatikan / fokus pada apa yang ada di sekeliling kita pada saat sekarang. Dengan demikian, pikiran-pikiran kita yang sangat ribut memikirkan masa depan dan masa lalu menjadi lebih rileks, sehingga mengurangi stres.

Ketika kita rileks dan memperhatikan pernafasan kita yang keluar masuk, ritme pernafasan juga menjadi lebih teratur. Dimana fokus pikiran kita, maka disanalah energi akan meningkat karena getaran energi yang diberikan oleh pikiran kita. Peningkatan energi tersebut akan meningkatkan sistem pernafasan kita secara keseluruhan. Dengan energi positif, oksigen yang kita hirup menjadi lebih murni yang pada akhirnya akan mempengaruhi sistem peredaran darah kita dengan jantung sebagai pusatnya. Dampak dari peningkatan kerja sistem pernafasan dan peredaran darah yang baik ini disertai dengan berkurangnya stres tentunya akan meningkatkan imunitas tubuh.

Tujuan Meditasi

manfaat meditasi

Tujuan utama meditasi adalah untuk meningkatkan kesadaran / perhatian penuh (awareness). Manusia pada umumnya memiliki perhatian yang sangat kecil. Dengan bermeditasi, kesadaran / perhatian penuh kita akan berkembang.

Lantas, apa manfaat dari berkembangnya Awareness ini?

Beberapa manfaat dari berkembangnya perhatian kita ini yaitu :

  • Meningkatnya kreatifitas tanpa batas.
  • Tercapainya emosi-emosi positif seperti kedamaian hati, cinta kasih, perasaan bahagia.
  • Meningkatnya kebijaksanaan, pengetahuan, dan iman.
  • dan lain sebagainya.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.