2019 Singapore Trip : Lumina, Gardens by the Bay, Art Science Museum

Setelah sebelumnya liburan ke Taiwan pada bulan Februari dan juga sempat mengunjungi Hangzhou, Malaysia dan Bangkok pada tahun 2019 ini (Thanks God!), postingan kali ini adalah sharing mengenai jalan-jalan / liburan ke Singapura.

Itinerary Liburan ke Singapura

Banyak tempat wisata menarik dan instagrammable di Singapura. Beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan Indonesia ketika berlibur ke Singapura antara lain : Universal Studio Singapura, Kawasan sekitar Marina Bays Sands, Singapore Zoo, orchard road, Jewel Changi, dan sebagainya. Fyi, Jewel di Changi merupakan icon baru Singapura yang saat ini sedang ngetren abis terutama untuk Rain Vortex-nya.

Jadi kemana tujuan wisata kita pada liburan ke Singapura kali ini ?

Chijmes

Setelah check in di hotel Grand Park yang berlokasi di City Hall, kami pun mengunjungi Chijmes. Pernah dengar guys? Mungkin tempat ini kurang familiar di telinga teman-teman sebelumnya, tapi belakangan menjadi populer setelah menjadi lokasi syuting di film Crazy Rich Asian, yaitu katedral yang digunakan sebagai tempat pernikahan Colin dan Araminta.

Selain katedral, ada foodcourt gitu di Chijmes ini, dan tempat ini juga cukup instagrammable di Singapura terutama mengambil latar katedralnya. Jadi, kita menghabiskan cukup banyak waktu untuk berfoto dan untungnya masih belum terlalu gelap. Chijmes juga kebetulan letaknya cukup dekat dari hotel kami yaitu di City Hall juga, yaitu hanya sekitar 5 menit berjalan kaki. So, bagi yang mengunjungi Chijmes, cukup turun di MRT City Hall.

chijmes singapore

Lumina Rainforest

Saya baru mengetahui tempat ini setelah melihat postingan anakjajan. Kok kayaknya keren banget ya macam di avatar gitu, jadinya penasaran dan menjadikan lumina sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Singapura nanti. And yes, akhirnya hari H nyampe di Singapura dan setelah cukup berfoto-foto di Chijmes, langsung deh cuss ke Lumina.

Lumina Rainforest ini letaknya di dalam Singapore Zoo. Di Lumina ini, kita tidak melihat binatang asli sih, hanya efek-efek multimedia dan lampu. Cara mengunjungi Lumina ini yaitu dengan naik MRT ke Khatib station (line merah). Keluar dari Exit A dari Khatib station, ada halte shuttle bus buat ke Singapore Zoo hanya dengan SGD 1 / trip. Jadi nanti pulangnya juga pakai shuttle bus ini.

lumina rainforest singapore

Sesuai ekspektasi kah Lumina Rainforest ini? Well, waktu awal masuk, entrance-nya sih keren. Kita menghabiskan cukup banyak waktu untuk berfoto di entrance tersebut. Masuk sedikit ke dalam, ketemulah dengan spot yang kayak avatar gitu. ini juga keren abis.. Nahhh, kirain bakal keren terus kan sampai exit nya. Well, abis ketemu 2 spot yang keren, bisa dibilang untuk yang selanjutnya agak biasa-biasa aja sih. Kayak jalan di hutan waktu malam hari memang, ada efek suara-suara binatang gitu. Tapi overall, sebenarnya agak di bawah ekspektasi sih, kecuali spot entrance dan yang kayak avatar itu.

Art Science Museum

Keesokan harinya, setelah sembahyang dan brunch di Bugis, saatnya jalan-jalan ke kawasan Marina. Art Science Museum ini letaknya di daerah MBS (Marina Bay Sands) tersebut. Ada 3 exhibition yang sedang ditampilkan saat itu, yaitu Future World, Disney Magic of animation, 2219 Futures Imagined. Awalnya bingung sih mau masuk yang mana, tetapi karena sudah buat member MBS, bisa dapat buy 1 get 1 untuk tiket art science museum ini, akhirnya kami putuskan ambil paket yang masuk semua dhe seharga SGD 40. So, bagi yang mau mengunjungi art science museum ini, disarankan buat dulu ya member MBS di mall nya (hanya tepat di bawah pintu masuknya), gratis loh..

Menurut saya sih, kalau yang pergi ke Art Science Museum ini khusus buat foto-foto ya bagusan cuma masuk yang Future World sih, karena di 2 exhibition itu lagi lebih ke dokumentasi gitu, kurang ada spot yang instagrammable, hehehe.. Saya pribadi cuma menghabiskan banyak waktu di Future World dan hanya sebentar aja di tempat Disney dan 2219 Futures Imagined.

Gardens by The Bay

Gardens by the bay letaknya di seberang MBS. Jadi dari mall lewatin jembatang yang menghubungkan mall dengan hotel dan nyebrang lagi untuk ke gardens by the bay. Ada 3 tempat tujuan utama di sini, yaitu Skytree Groove (gratis), Cloud forest (berbayar), dan Flower dome (berbayar). Ada lagi sih OCBC Skyway yang juga berbayar, yaitu jembatan yang menghubungkan skytree groove tersebut.

Pertama, kami memasuki Flower dome. Wih, bunganya cantik-cantik dan segar. Yang suka bunga wajib deh kesini, yang mau belajar tanaman juga recommended, hahaha.. Bulan Desember ini banyak dekorasi natal berhubung sudah mau Christmas, sehingga banyak spot bagus buat foto-foto : foto dengan pohon natal, dengan dekorasi rusa, dan sebagainya.

Selanjutnya setelah keluar dari flower dome, langsung masuk ke Cloud Forest. Ada apa di dalam cloud forest? Icon utamanya adalah air terjun indoornya, dinginn… Masuk ke dalam, naik lift ke atas akan ada yang tumbuhan karnivor. Benar kan, yang mau belajar atau hobi tanaman wajib deh ke dua tempat ini, banyak spesies tanaman yang jarang ditemukan juga. Kalau gw sih cuma pengen lihat-lihat dan foto-foto doank, hihi..

liburan ke singapura : cloud forest gardens by the bay

Menghabiskan banyak waktu mengelilingi flower dome dan cloud forest, kami pun makan di MBS dan kembali lagi ke sekitaran Gardens by the bay ini pada malam harinya, yaitu buat mengunjungi Christmas Wonderland. Ntah karena sudah capek atau apa ya, tapi kok dekorasinya terasa biasa aja. Hahaha.. Jadi di dalam Christmas wonderland yang berlokasi di Supertree Groove ini ada bazaar, konser, dan dekorasi lampu-lampu gitu. Well, untuk yang ini kami cuma keliling bentar doank sih.

Christmas wonderland

Clarke Quay

Boleh dibilang kami cuma singgah bentar doank di Clarke Quay setelah dari Gardens by the bay. Well, seperti yang tadi saya bilang, mungkin karena sudah capek banget berjalan seharian dan juga tidak berniat minum-minum, maka kami hanya melihat sekilas, ‘ohh clarke quay itu begini toh..’ hehehe.. Jadi Clarke Quay ini mostly bar dan pub, dunia malamnya Singapura deh.. Nah, bagi yang suka minum-minum mungkin wajib ya ke tempat ini, sambil menikmati pemandangan Singapore River.

Esplanade Park

Sebenarnya ini juga pas otw pulang ke hotel di City Hall, tidak sengaja berjalan sampai esplanade, hahaha.. Awalnya mau coba jalan ke Merlion park buat duduk-duduk menikmati udara segar di malam hari dengan pemandangan menghadap ke Marina tersebut, tapi ternyata masih butuh kekuatan berjalan yang cukup jauh. Jadinya, menyimpang ke esplanade deh (jalan di subway tiba2 keluar uda esplanade gitu). Jadilah akhirnya melihat esplanade dari jarak dekat (sebelumnya kan esplanade ini macam background aja kalau foto dari merlion park, hehe)..

esplanade park singapore

Orchard Road

Tempat yang common banget buat shopping kalau di Singapura ya Orchard Road, dengan jalanan penuh dengan mal-mal seperti Takashimaya, Ion, dan sebagainya. Kita sih gak terlalu lama di Orchard, malahan menghabiskan sebagian besar waktu buat makan, terutama nunggu antrian Heytea.. wkwkwk…

Setelah dari Orchard Road, saya pun pergi menghadiri acara perayaan ulang tahun Nima Rinpoche di Sands Expo. Done for today, besok balik ke tanah air, tapi tentunya jalan-jalan dulu di Jewel Changi Airport sebelum terbang.

Jewel Changi

Jewel Changi letaknya nyambung dengan terminal 1 dan 3, tapi lebih dekat dengan terminal 1 sih, tinggal nyebrang. Kalau dari terminal 3, juga ada tunnel menuju Jewel langsung namun jalan agak jauh. Basically, Jewel Changi ini adalah mall. Yang membuatnya terkenal adalah Rain Vortex iconicnya, dikelilingi taman-taman indoornya.

liburan ke singapura : jewel changi singapore

Sebelumnya kita sudah membeli tiket buat Canopy Park Jewel, namun ternyata tidak diperlukan tiket untuk berfoto dengan Rain Vortex tersebut, hahaha (maklum, baru pertama kali ke Jewel, lihat ada tiket di Klook langsung beli deh, lol).. Mungkin tiket itu buat menjelajahi tamannya dan ada juga jembatan kaca di atasnya. Berhubung membawa koper besar yang belum bisa check in serta waktu yang agak terbatas, kita pun tidak jadi masuk ke Canopy Park-nya. Bye bye tiket, untungnya cuma Rp 60an ribu.. haha.. Ramai dan bagus, terutama sudah ada dekor pohon natal yang gede, menambah keindahan area tersebut.

Akomodasi di Singapura

Setelah browsing berbagai pilihan hotel di traveloka, ada beberapa opsi yang sempat kami pertimbangkan, yaitu di kawasan Orchard atau City Hall. Pilihan terakhir jatuh pada Grand Park City Hall.

Bagaimana review Grand Park City Hall ?

Akhirnya memilih Grand Park City Hall karena lokasinya cukup strategis, yaitu dekat dengan MRT dan juga tidak terlalu mahal dibandingkan hotel bintang 5 lainnya, terutama jika dibandingkan dengan hotel bintang 5 di kawasan Orchard Road. Hanya berjalan kaki sekitar 5 menit saja dari Exit MRT, yaitu sekitar 200m dari Exit MRT City Hall tersebut. Selain itu, MRT City Hall juga strategis karena langsung menghubungkan line hijau dan merah.

Interior hotel Grand Park tersebut juga modern, minimalis, dan bersih. Kamarnya cukup besar dan nyaman. Yang membedakan dari hotel lainnya lagi adalah hotel ini memakai teknologi yang cukup canggih, dimana kontrol panel kamar dapat dijalankan dari aplikasi HP, namun tidak kami pakai karena harus sign up segala, ribet dah.. hahaha.. Untung ada control panel digital juga di samping tempat tidur. So far so good dah.. Boleh lah next trip tinggal disini lagi.

Overall tentang liburan ke Singapura kali ini : it’s a great trip especially when you travel with your bestie. Good mood, good food, good stay, good place. Thanks God. Oh ya, ada 1 lagi yang lucu : lari-lari di suatu jalan pada jam 11 malam soalnya serem juga karena jalanan sudah sepi abiss. Bayangin, tidak ada 1 pun mobil atau orang yang lewat.. XD.. Gara-gara mau makan bak kut teh dan hemat taxi yang sekitar Rp 100ribu buat 1 km doank, so jalan kaki deh dari MRT Novena ke Balestier Road dan ikutin google maps untuk jalur yang lebih dekat namun ternyata sepi abiss.. Kalau kata teman yang stay di Singapore sih aman kok, cuma ya bagi kami tetap serem yaaa.. lol

Please follow and like us:

Leave a Reply

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.