2019 DIY Trip : Traveling / Liburan ke Taiwan

Uda lama gak update blog ini dan tanpa sadar sudah 7 bulan sejak terakhir nge-post, karena memang 2019 ini sibuk banget. Jadi sebenarnya saya traveling / liburan ke Taiwan bulan Februari 2019 kemarin, tapi well, baru nulis di September ini.. Hihi, ya sudahlah ya, baru teringat lagi buat ngeblog. Yeah as usual, selalu lebih milih DIY trip ketimbang ikut tur walaupun kali ini membawa orang tua saya. Jadi kita berempat dan tentunya saya yang belum pernah pergi ke Taiwan harus jadi tour leader-nya dan harus mempelajari itinerary dengan seksama dulu supaya orang tua juga gak muter-muter kebingungan dan perjalanannya bisa lancar.

Planning Itinerary ke Taiwan

Karena hanya saya sendirian yang muda dan membawa 3 orang tua (mama, mama angkat dan papa angkat) yang sudah gak mungkin baca maps, maka itinerary kali ini harus well – prepared supaya gak nyasar. Pertama-tama sih cukup deg-degan, takut juga nyasar dan perjalanannya menjadi tidak menyenangkan karena habis waktu buat nyari jalan (tapi syukurlah semua lancar dan puas, hehehe).

Jadi bagaimana cara planning itinerary ke Taiwan ini agar perjalanan terencana dengan baik? Well, seperti yang sudah disebut, saya juga belum pernah ke Taiwan sama sekali, malahan jadi tour leader buat orang tua saya nih.. hehehe.. Tentunya juga bukan hanya ke 1 kota, tetapi menjelajahi Taiwan dari utara sampai selatan, yaitu kota Taipei, Taichung, Chiayi dan Kaohsiung.

Cara Menyusun Itinerary ke Taiwan

So, cara mempersiapkan itinerary : Pertama, search dulu destinasi-destinasi yang mau dikunjungi, lokasinya di kota mana saja. Buat daftar destinasi per kota, misalnya di Taipei akan mengunjungi Taipei 101, Yehliu Geopark, Shilin Food Market, Danshui, dan sebagainya. Buat top list dahulu, nanti baru selipkan destinasi lainnya jika waktu mencukupi. Setelah itu, cari informasi berapa lama perjalanan antar kota, dengan transportasi apa. Kalau di Taiwan, bisa menggunakan train biasa (lebih murah dan lebih lama) ataupun HSR (High Speed Train). Saya sendiri naik kereta yang biasa saja karena waktu masih mencukupi. Jika langsung dari Taipei ke Kaohsiung mungkin lebih baik naik HSR karena jarak tempuhnya cukup lumayan.

Jadi setelah mengetahui lama perjalanan antar kota, dan tempat-tempat mana saja yang mau dikunjungi per kotanya, barulah dibuat rencana itinerary harian, seperti hari pertama mau mengunjungi mana saja, hari kedua kemana. Tips nya, anda harus cari tahu rute yang cukup searah sehingga tidak bolak balik dan habis waktu untuk perjalanan. Saya mengelompokkan yang di luar kota menjadi seharian dan dalam kota seharian ketika di Taipei.

Jangan lupa juga mencari mode transportasi antar objek wisata yang anda kunjungi terlebih dahulu, misalnya naik MRT / bus / train. Naik bus nomor berapa, dan sebagainya, untuk memudahkan anda tidka terlalu sibuk mencari informasi di hari H.

Berikut itinerary perjalanan / liburan saya di Taiwan :

  • Hari Pertama di Taipei : Tiba di Taiwan pagi hari, langsung check in dan drop bagasi di hotel. Kemudian mengunjungi Chiang Kai Shek Memorial Hall, dilanjutkan ke Taipei 101, dan Dan Shui setelahnya.
    danshui taipei
  • Hari Kedua di Taipei : Mengunjungi Yehliu Geopark yang berada di luar kota Taipei (perjalanan dengan bus sekitar 2 jam). Kemudian dilanjutkan lagi ke Jiu Fen, juga hampir 2 jam dari Yehliu. Rencana awal mengunjungi Shi Fen batal karena keterbatasan waktu.
  • Hari ketiga di Taipei : Paginya mengunjungi Yang Ming Shan National Park. YangMingShan National Park ini mempunyai cukup banyak area pemberhentian, seperti taman tempat melihat sakura dan bunga-bunga yang bermekaran, pemandian air panas, padang rumput hijau, pedesaan kuno, dan berbagai rute pendakian.
    Setelah dari Yangmingshan, kita menaiki kereta menuju kota selanjutnya yaitu Taichung. Tujuan ke Taichung ini adalah untuk mengunjungi Sun Moon Lake yang terletak sekitar 1.5 jam dengan bus dari kota Tai Chung. Malam harinya mengunjungi night market di Taichung.
    sun moon lake
  • Hari Keempat di Taiwan : Mengunjungi Sun Moon Lake sekitar setengah hari, kembali ke Taichung dan pindah kota lagi ke Chiayi untuk pergi ke Alishan National Park.
  • Hari kelima di Taiwan : Pagi-pagi dengan bus langsung menuju ke Alishan, menghabiskan waktu kira-kira setengah hari, kembali ke Chiayi untuk menuju Kaohsiung dengan kereta. Malam harinya mengunjungi night market di Kaohsiung.
  • Hari keenam di Kaohsiung : Mengunjungi Fo Guang Shan dan menghabiskan waktu seharian. Benar-benar harus menghabiskan waktu seharian disini karena sangat luas dan kebetulan ada night lantern festival pada bulan tersebut.
  • Hari Ketujuh di Kaohsiung : Pagi harinya mengunjungi Lotus Pond di Kaohsiung yaitu Dragon Tiger Pagoda. Setelahnya, kembali ke hotel untuk check out dan segera ke airport pada sore harinya.

Total perjalanan 7 hari di Taiwan + 1 hari di Singapore + 2 hari pulang pergi di pesawat.

Rekomendasi Destinasi Wisata di Taiwan

Sungguh menyenangkan jika mendengar orang-orang yang pergi dengan kita itu puas dengan perjalanannya. Meskipun sangat melelahnya dan tiada hari tanpa bangun pagi dan pulang malam, namun ternyata mereka merasa lebih puas daripada ikut paket tur biasanya. Kalau ikutan paket tur mungkin bisa menginap di hotel yang lebih bagus dan perjalanan lebih santai karena begitu keluar hotel pasti langsung naik bus. Sedangkan DIY trip kali ini penuh dengan jalan kaki, naik transportasi umum, dan hotelnya juga tidak semewah bintang 4 atau bintang 5 seperti yang ditawarkan paket wisata. Sedangkan kami menginap di berbagai variasi hotel mulai dari bintang 2 s/d bintang 4 (tergantung harganya), namun perjalanan terasa lebih memuaskan karena kita bebas menentukan tepat yang akan dikunjungi, berapa waktu waktu di satu tempat dan juga tidak menghabiskan waktu di tempat-tempat yang tidak begitu penting seperti shopping stop. Kami bahkan menghabiskan waktu seharian di tempat yang kami anggap menarik.

Berikut highlight tempat wisata dari perjalanan / liburan ke Taiwan tersebut : Yehliu Geopark, Jiufen, Taipei 101, Danshui, Yangmingshan, Sun Moon Lake, Alishan, Fo Guang Shan, Dragon Tiger Pagoda.

Destinasi mana yang paling recommended ?

Bisa dibilang dari 8 highlight destinasi tersebut, semuanya wajib dikunjungi ! Sayangnya pada saat mengunjungi Jiufen tidak sempat mengunjungi Ah Mei Tea House yang menjadi populer karena film animasi Jepang Spirited Away, padahal itu spot utama dari JiuFen tersebut. Kenapa? Timingnya benaran gak pas banget, karena bersamaan dengan rombongan wisatawan Jepang yang gak tau kenapa super padat pake banget dhe! Alhasil, lorong jalan menuju Ah Mei Tea House tersebut sangat macettt…. Mau jalan pun susah banget, apalagi untuk ke spot tersebut harus turun tangga. Terakhir, kita memutuskan untuk tidak kesana karena sangat-sangat padat dan waktu juga sudah malam, harus catch up dengan bus lagi yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk balik ke kota Taipei.

Yehliu juga wajib dikunjungi jika pergi ke Taipei karena bebatuannya yang unik. Tempat itu juga menghadap ke laut lepas sehingga pemandangannya juga keren.

Yehliu Geopark

Tentunya destinasi yang tidak boleh ketinggalanan adalah destinasi yang merupakan tujuan utama kita berlibur ke Taiwan yaitu Fo Guang Shan. Di Fo Guang Shan ini sendiri sebenarnya ada 2 area. Namun, area yang satunya lebih jarang dikunjungi wisatawan karena merupakan tempat ibadahnya. Sedangkan untuk area Fo Guang Shan Buddha Museum tentunya lebih ramai, terdapat toko-toko yang berjualan, tempat makan, dan tentunya banyak spot foto-foto. Arsitektur di Fo Guang Shan ini sangat keren dan modern. Kami pun terpukau dengan keindahan berbagai patung Buddha dan ukiran / lukisan di dinding dalam vihara tersebut.

Fo Guang Shan

Estimasi Biaya Liburan ke Taiwan

Berapa total biaya yang dihabiskan untuk liburan / DIY trip ke Taiwan ini? Sebelumnya saya mencari beberapa pilihan paket wisata yang ditawarkan agen wisata, berkisar sekitar 14-17 juta untuk rute perjalanan 7 hari tersebut di non-peak season. Sedangkan, untuk perjalanan tersebut, kami menghabiskan sekitar 11-12 juta per orangnya (all in termasuk tiket pesawat dan oleh-oleh). Kalau tanpa oleh-oleh mungkin sekitar Rp 11 juta / orang deh.

Sekilas mengenai akomodasi kami di Taiwan : kami menginap di hotel bintang 3 di Taipei, bintang 3 di Taichung, bintang 4 di Chiayi (Chiayi King – sangat recommended dengan harga yang murah dan hotelnya bagus), dan bintang 2 di Kaohsiung (ini ditulis bintang 3, tetapi sepertinya bintang 2 – not recommended).

So guys, sekian sharing singkat mengenai liburan ke Taiwan bersama keluarga pada bulan Februari kemarin. Everything just goes well and fun!

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Download GRATIS! Ebook Dahsyat Exclusive
GRATIS - Dapatkan Ebook Dahsyat Exclusive "Kunci 8 Faktor Pemberdaya Kehidupan" untuk hidup lebih sukses !
We respect your privacy.